Gejala dan Penyebab Penyakit yang Diderita Mike Mohede

Gejala dan Penyebab Penyakit yang Diderita Mike Mohede

WinNetNews.com - Penyanyi Mike Mohede meninggal dunia pada Minggu (31/7/2016) di Rumah Sakit Premier Bintaro. Jebolan ajang pencarian bakat Indonesia Idol itu diduga menderita penyakit serangan jantung.

Dilansir dari Abcnews, gangguan jantung yang dialami Mike memiliki beberapa gejala. Berdasarkan penelitian yang melibatkan pemeriksaan mayat dari 760 remaja dan orang muda menunjukkan bahwa penyakit ini ditandai dengan adanya sumbatan pada arteri koroner karena penumpukan kolesterol.

Peneliti meneliti arteri dari orang muda yang meninggal karena bunuh diri, pembunuhan dan kecelakaan. Seperlima dari orang-orang muda berusia 30-34 tahun pun diketahui lebih berisiko mengalami penyakit ini. Di mana mereka memiliki banyak lemak yang terkumpul di arteri koroner yang memcu mengeras dan tersumbatnya pembuluh darah hingga menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Selain itu, faktor risiko tersumbatnya arteri juga bisa disebabkan oleh obesitas dengan tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat tinggi membentuk deposit di dinding arteri. Penyebab lainnya adalah merokok, tekanan darah tinggi, dan tingkat kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) rendah.

Hasil penelitian ini pun menunjukkan, pria muda dengan usia 20 hingga 30-an dengan kolesterol tinggi, berisiko dua sampai tiga setengah kali lebih berisiko terserang penyakit jantung dan meninggal. Tak hanya itu, mereka juga memiliki harapan hidup berkurang sembilan tahun dibandingkan pria dengan kadar kolesterol normal.