Gejala Kanker Darah yang Harus Diwaspadai Orang Tua

Rusmanto
Rusmanto

Gejala Kanker Darah yang Harus Diwaspadai Orang Tua ilustrasi
Winnetnews.com -  Sel kanker bisa menyerang bagian tubuh mana pun, termasuk darah. Penyakit kanker yang menyerang darah ini tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Supaya kondisinya tidak bertambah parah, orangtua perlu memerhatikan berbagai tanda dan gejalanya. Mari memahami berbagai gejala kanker darah yang terjadi pada anak berikut ini.

Gejala kanker darah pada anak

Darah merupakan komponen utama pada tubuh manusia. Fungsinya beragam, mulai dari mengangkut nutrisi makanan, mengikat oksigen, serta melawan infeksi. Bila terdapat sel kanker pada darah, produksi dan fungsi sel darah akan terganggu.

Sel kanker ini terbentuk ketika jenis sel darah tertentu mengalami pertumbuhan yang tidak normal dan tidak terkendali. Ketidaknormalan pada sel darah ini bisa menimbulkan berbagai gejala.

Sebagai orangtua, Anda perlu mengetahui apa saja gejala kanker darah pada buah hati Anda. Tujuannya, agar anak lebih cepat mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat sehingga kualitas hidupnya jadi lebih baik. Berikut ini beberapa gejala kanker darah yang dapat terjadi pada si kecil.

Gejala umum kanker darah pada anak

1. Berkurangnya jumlah sel darah

Menurut laman Cancer, kanker yang menyerang darah, membuat produksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit menjadi terganggu.

Jika jumlah jenis darah tertentu berkurang, ini bisa menyebabkan anak mengalami anemia (kekurangan sel darah merah), leukopenia (terlalu sedikit sel darah putih), dan trombositopenia (rendahnya jumlah trombosit).

Apa Reaksi Kamu?