Gelang tahan api untuk Identitas Jamaah Calon Haji

Gelang tahan api untuk Identitas Jamaah Calon Haji

Kamis, 11 Agt 2016 | 20:39 | Rike
WinNetNews.com-Gelang berbahan logam warna perak yang dipakai menjadi identitas calon haji di Embarkasi Surakarta memiliki kualitas tahan api dan antikorosi.Gelang identitas haji ini terbuat dari bahan logam dengan ketebalan sekitar 1,5 milimeter dan diproduksi di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara Jawa Tengah.

Perajin gelang logam tersebut, Nur Rohim (40 tahun) mengaku sudah menjadi langganan menyediakan gelang identitas haji Indonesia itu sejak beberapa tahun terakhir. Ia menerangkan bahwa gelang logam itu diproduksi tahan korosi dengan kandungan nikel (Ni) sekitar 67 persen, tembaga (Cu) 30 persen dan campuran sedikit besi dan sulfur.

Menurutnya, gelang haji hasil produksinya sudah diuji laboratorium tahan api atau tidak meleleh ketika dibakar dan juga anti karat. Gelang itu memang berbeda dibanding produksi kerajinan pada umumnya karena pada permukaannya tertera sejumlah identitas, yakni nama jamaah yang bersangkutan, kode kloter, nomor paspor dan asal daerah."Gelang juga terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila," jelasnya di asrama haji Donohudan Boyolali, Kamis (11/9). Nur Rohim yang dibantu lima tenaga kerja mampu melayani identitas ribuan orang calhaj di asrama haji Donohudan Boyolali.

Perajin tinggal menyablon nama dan kloter jamaah menggunakan alat sablon listrik, sementara lambang negara dicetak timbul dan tak bisa dihapus."Gelang ini, sudah jadi saat di asrama haji Donohudan. Namun gelang tinggal disablon secara manual sesuai nama dan kloter jamaah terkait," jelasnya.

Sedangkan Kepala Sub Bagian Humas PPIH Embarkasi Surakarta, Agus Widakdo, mengatakan gelang haji diberikan kepada calhaj guna memudahkan petugas kloter mengetahui identitas anggota jamaahnya antipasi apabila mereka berpisah dari kloternya.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...