Gelombang panas melanda beberapa negara di Kawasan Eropa

Rusmanto
Senin, 10 Agustus 2015 09:33 WIB
Oleh Rusmanto pada Senin, 10 Agustus 2015 09:33 WIB
Image Gelombang panas melanda beberapa negara di Kawasan Eropa

Gelombang panas merajalela di beberapa negara Eropa baru-baru ini, dan laporan kebakaran bertambah banyak.

Pemerintah Spanyol pada Minggu (9/8) mengumumkan sedikit peningkatan saat mereka memasuki hari keempat perang untuk memadamkan kebakaran di Perbukitan Sierra de Gata di Spanyol Barat-Daya.

Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Extremadura itu telah melahap sekitar 6.500 hektare (ha) lahan dan membuat 1.400 orang mengungsi dari kota Acedo dan Perales del Puerto pada Jumat dini hari (7/8).

Tiga hari pertama api telah menyebar luas. Angin yang berubah menimbulkan kondisi sulit bagi ratusan petugas pemadam yang datang dari Extremadura, dan wilayah lain Spanyol seperti Andalusia, Castilla-Leon, dan bahkan negara tetangga Portugal.

Angin kencang itu mereda pada Sabtu (8/8) sehingga petugas pemadam bisa bekerja tanpa berhenti untuk menciptakan penghalang api dan mengendalikan api.

Pekerjaan itu dilakukan oleh sekitar 300 petugas pemadam, semua jalan di wilayah tersebut kini dibuka meskipun warga dari kota ketiga Hoyos belum bisa pulang ke rumah mereka dan Palang Merah masih menjalankan operasi untuk mengurus 2.000 orang yang mungkin harus mengungsi.

Penyelidikan masih dilakukan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Pertanian Spanyol pada Jumat mengkonfirmasi tujuh bulan pertama 2015 telah menyaksikan 52.227 ha lahan musnah dilalap api, dua kali lipat lebih dari 20.947 ha lahan yang terbakar tahun 2013 dan jauh melebihi angka 37.584 ha lahan yang terbakar tahun lalu.

Badan Meteorologi Spanyol (AEMET) pada Kamis mengkonfirmasi bahwa Spanyol mengalami Juli paling panas sejak pencatatan menggunakan sistem baru tahun 1980.

Sementara itu, kode peringatan Merah dikeluarkan Bulgaria pada Minggu mengenai bahaya kebakaran menurut Institut Meteorologi dan Hidrologi Nasional di Akademi Sains Bulgaria.

Institut Meteorologi dan Hidrologi Nasional memperingatkan warga agar berhati-hati dan siap bertindak jika api menyebar dengan cepat.

Kebakaran hutan baru-baru ini juga telah membuat warga menyelamatkan diri di negara Eropa Tengah seperti Slowakia dan Austria. (jk)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Setelah Membuat Mesin Selama Empat Tahun, Kini Berbuah Manis

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.