Gelombang Tinggi Pengaruh dari Bumi, Bulan dan Matahari

Fellyanda Suci Agiesta

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Gelombang Tinggi Pengaruh dari Bumi, Bulan dan Matahari
WinNetNews.com - Pulau Jawa dan sekitarnya sedang dilanda banjir rob. Ternyata banjir rob disebabkan oleh beberapa fenomena alam, berkaitan dengan bumi, bulan dan matahari.

Posisi bumi, bulan, dan matahari yang berada dalam satu garis lurus sehingga mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Hal ini bersamaan dengan terjadinya anomali positif tinggi muka air laut sebesar 15–20 sentimeter (cm).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, Selain disebabkan dua faktor tersebut, juga diperkuat dengan adanya penjalaran alun yang dibangkitkan dari pusat tekanan tinggi subtropis di barat daya Australia.

BMKG memperkirakan banjir rob masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan. Tinggi dari gelombang bisa mencapai 2,50 sampai 4 meter. Beberapa wilayah yang kena imbas banjir rob terjadi di Laut Andaman, perairan utara dan barat Aceh.

Kemudian di Perairan Barat Kepulauan Simeulue, Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu, Samudera Hindia bagian barat Aceh, hingga Bengkulu, Selat Bali bagian selatan, perairan selatan Sumbawa hingga Pulau Sumba.

“Sedangkan gelombang setinggi 4–6 meter berpotensi terjadi di Perairan Enggano, perairan bagian barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga Lombok, Samudera Hindia selatan Bengkulu hingga NTT,” tambah Sutopo.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada. Nelayan juga disarankan tidak melaut saat gelombang tinggi.

 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...