Gempa Berkekuatan Besar Diprediksi Akan Kembali Guncang Korsel
Titik gempa di Korea Selatan

Gempa Berkekuatan Besar Diprediksi Akan Kembali Guncang Korsel

Selasa, 13 Sep 2016 | 13:33 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Gempa berkekuatan 5,8 skala Richter (SR) yang melanda Korea Selatan (Korsel) pada Senin (12/9)malam waktu setempat,tercatat sebagai yang terkuatsepanjang sejarah.

Kepala Badan Meteorologi Korsel (KMA), Ko Yun-hwa, memprediksi Negeri Ginseng bisa saja dilanda gempa dengan kekuatan hingga mencapai 6,5 SR di masa depan, namun tidak dalam waktu dekat ini. Yun-hwa memastikan, efek gempa yang berpusat di Gyeongju itu telah selesai.

“Efek dari gempa secara efektif sudah berakhir. Namun, gempa dengan kekuatan lebih tinggi dari 6 SR bisa terjadi di masa depan,” ucap Ko Yun-hwa dalam rapat gabungan antara badan legislatif serta eksekutif Korsel dari Partai Saenuri, seperti dimuat Yonhap , Selasa (13/9).

Ko menambahkan, saat ini negaranya masih berada di batas aman dari ancaman gempa yang lebih besar lagi, sebagaimana yang sering terjadi di negara tetangga mereka, Jepang. Efek berupa gempa susulan masih bisa terjadi dalam beberapa hari ke depan dengan kekuatan 2-3 SR. KMA berjanji akan mewaspadai gempa susulan tersebut.

Penyebab gempa masih belum dapat diketahui. Sejumlah pihak menyebut gempa terjadi akibat efek dari gempa dahsyat yang mengguncang Jepang pada 2011. Gempa tersebut berdampak pada lempeng tektonik di Semenanjung Korea.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...