Skip to main content

Gempa Dashyat Guncang New Zealand, Berikut Penjelasan BMKG

Gempa Dashyat Guncang New Zealand, Berikut Penjelasan BMKG
Gempa Dashyat Guncang New Zealand, Berikut Penjelasan BMKG

WinNetNews.com-Hari Minggu (13/11/2016), wilayah utara Canterbury, New Zealand diguncang oleh gempabumi tektonik dengan kekuatan dahsyat.

Informasi yang didapat dari akun twitter milik BMKG, menyatakan bahwa berdasarkan hasil analisis BMKG gempabumi ini terjadi pukul 18.02.56 WIB dengan kekuatan M=7,5. Namun demikian USGS (United States Geological Survey) merilis kekuatan gempabumi M=7,8 dengan episenter terletak pada 42,76 LS dan 173,08 BT, tepatnya di darat pada jarak 91 km arah timur laut Kota Christchurch pada kedalaman 23 km. Perbedaan magnitudo antara BMKG dan USGS gempa ini bisa dipahami karena antara BMKG dan USGS memakai metoda perhitungan yang berbeda.

Hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan hebat terjadi pada beberapa kota seperti Cheviot, Domett, Rotherham, Waiau, Culverden, Hawarden, Waipara, Waikari, Amberley, Sefton, Loburn, Ashley, dan Christchurch pada skala intensitas IV-V SIG BMKG (VIII-IX MMI).

Guncangan hebat yang mencapai skala intensitas VIII-IX MMI maka diperkirakan dampak gempabumi dapat menimbulkan kerusakan tingkat sedang hingga berat. Dan benar, laporan sementara saat ini di zona gempabumi dilaporkan banyak terjadi kerusakan pada bangunan rumah. Dari hasil monitoring gempabumi susulan hingga pukul 20.00 WIB sudah terjadi 7 kali gempabumi susulan dengan kekuatan signifikan M 5,0-6,0.

Gempabumi Canterbury, New Zealand, yang terjadi ini adalah jenis gempabumi dangkal dengan mekanisme sumber berupa sesar naik (thrust fault) yang diduga kuat dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng pada jalur Hikurangi Trough, yaitu zona paling selatan dari sistem subduksi Kermadec-Tonga. Di zona ini subduksi Lempeng Pasifik dengan laju 37 mm/tahun menunjam ke arah barat di bawah Lempeng Australia.

Berdasarkan catatan gempabumi yang melandaNew Zealand menunjukkan, di zona ini pada 4 September 2010 lalu juga terjadi gempabumi kuat yang populer sebagai Gempabumi Christchurch M7,1 yang menyebabkan 100 orang luka-luka. Enam bulan kemudian pada 22 Februari 2011, gempabumi berkekuatan M6,3 kembali mengguncang Christchurch yang menewaskan 185 orang.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top