Gempa Jepang Memicu Erupsi Gunung Berapi

Gempa Jepang Memicu Erupsi Gunung Berapi

WinNetNews.com-Serangkaian gempa bumi dahsyat yang landa negara Jepang ternyata bawa efek domino bencana alam lainnya yakni erupsi gunung berapi. Badan Meteorologi Jepang telah mencatat terjadi letusan di Gunung Aso.

Gumpalan asap dengan tinggi hampir100 meter terlihat muncul dari Gunung yang berada di sebelah selatan Jepang itu menurut media dan video yang diambil oleh saksi. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 GMT pada hari Jumat kemarin. Badan Meteorologi Jepang mengatakan letusan tersebut masuk ke dalam kategori skala kecil. Meski begitu, badan meteorologi memutuskan untuk mempertahankan tingkat siaga pada level 2 seperti dikutip dari laman Russia Today, Sabtu (16/4/2016).

Diketahui sebelumnya bahwa dalam tiga hari terakhir, Jepang dilanda serangkaian gempa dahsyat. Gempa berkekuatan 6,4 SR hantam kawasan timur kota Kumamoto, di pulau Kyushu kemudian diikuti gempa susulan berkekuatan 5,7 SR. Terbaru, gempa besar kedua berkekuatan 7,4 skala ricther (SR) terjadi pukul 01.25 waktu setempat di hari Sabtu (16/4/2016) dan berpusat di dekat Kota Kumamoto.

Akibat dihantam gempa besar selama dua hari berturut-turut, 29 orang tewas dan lebih dari 800 orang lainnya terluka. Otoritas Jepang menyebutkan, banyak orang terjebak di reruntuhan bangunan di sana.

Sumber&foto:sindonews.com