Gempa Jepang Picu Letusan Gunung Berapi

Gempa Jepang Picu Letusan Gunung Berapi

WinNetNews.com - Gempa dahsyat kembali mengguncang wilayah Kumamoto, Jepang. Gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) tersebut memicu letusan kecil sebuah gunung berapi.

Media-media Jepang melaporkan seperti dilansir News.com.au , Sabtu (16/4/2016), letusan berskala kecil terjadi di Gunung Aso pada sekitar pukul 08.30 waktu setempat. Letusan itu menimbulkan abu vulkanik yang membubung hingga sekitar 100 meter ke udara.

Gempa ini juga memicu tanah longsor di desa Minami Aso, hingga memutus sebuah jalanan utama dan merusak rumah-rumah warga.

Sejumlah warga desa tersebut harus dievakuasi ke taman-taman setempat dikarenakan kekhawatiran rumah mereka yang rusak akan ambruk.

"Kami meninggalkan rumah karena kami tak bisa terus tinggal dikarenakan guncangan yang terus terjadi," ujar seorang warga desa tersebut seperti dikutip kantor berita AFP, Sabtu (16/4/2016).

Gempa 7 SR ini berpusat di dekat kota Kumamoto di bagian selatan Pulau Kyushu. Menurut badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS, gempa tercatat pada kedalaman hanya 10 kilometer. Gempa ini sempat memicu peringatan tsunami namun kemudian dicabut.

Pejabat pemerintah Jepang mengatakan, tak ada laporan gangguan di tiga pembangkit listrik bertenaga nuklir yang ada di wilayah sekitar pusat gempa.

disadur dari situs detik news