Gempa M 3,5 Guncang Jayapura

Rusmanto
Rusmanto

Gempa M 3,5 Guncang Jayapura ilustrasi

WinNetNews.com - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,5 SR mengguncang Jayapura, Papua pada Rabu pagi. Gempa juga tidak menimbulkan potensi adanya tsunami.

Dilansir Antara, Rabu (16/1/2019), Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili di Jayapura, menyebutkan pusat gempa yang terjadi pada pukul 03.23 WIT itu terletak pada koordinat 2.38 Lintang Selatan dan 140.56 Bujur Timur.

Tepatnya pusat gempa berada di laut atau 22 Km timur laut Kabupaten Jayapura dengan kedalaman 10 Km. Akibatnya penjalaran getaran gempa dirasakan signifikan.

"Dari laporan masyarakat, dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan dalam skala II-III MMI di Kota Jayapura," ujarnya.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, kata Petrus, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kabupaten Jayapura.

"Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami," ujarnya.

Hingga pukul 04.00 WIT hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucapnya.

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Jayapura Diguncang Gempa M 3,5"

Apa Reaksi Kamu?