Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Jepara, Terasa di Yogyakarta hingga Bali
Ilustrasi

Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Jepara, Terasa di Yogyakarta hingga Bali

Selasa, 7 Jul 2020 | 10:12 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Gempa magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Jepara,  Jawa Tengah, pada Selasa (7/7) pukul 05.54 WIB. Efek gempa ini bahkan terasa hingga beberapa kota di Jawa hingga Bali.

Salah satunya diungkapkan oleh seorang warga di di Purwokerto, Jawa Tengah yang mengatakan gempa tersebut terasa di rumahnya. 

"(Durasi gempa) semenit lumayan, enggak begitu lama. Goyang-goyang banget enggak, tapi setelah gempa after effect-nya pada kerasa (pusing)," kata warga tersebut dikutip dari kumparan. Selasa (7/7).

Beberapa warganet lain disekitar wilayah seperti  Yogyakarta, Garut, hingga Bali juga mengutarakan hal serupa.

Terkait itu alasan gempa ini terasa hingga sejumlah wilayah di sekitar Jepara, Kabid Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan kemungkinan karena gempa ini terjadi karena lempeng Indo-Australia yang menukik di bawah Laut Jawa menggantung, kemudian putus akibat gravitasi.

Gempa Jepara
Gempa Jepara

Daryono kemudian juga mengungkapkan pusat gempa terjadi cukup dalam, mengakibatkan guncangan terasa hingga sejumlah wilayah. Diketahui titik gempa ini berada di kedalaman 578 kilometer.

“Karena hiposenter gempa Laut Jawa ini dalam sekali maka spektrum guncangannya dirasakan dalam wilayah yang sangat luas,” kata Daryono dalam akun Twitternya @DaryonoBMKG.

Sebelumnya, BMKG mencatat gempa ini terjadi pada pukul 05.54 WIB. Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB, Agus Wibowo juga telah membenarkan adanya gempa yang berpusat di Jepara ini.

"(Gempa) terasa hingga Yogya. Laporan dari Pusdalops BNPB menyatakan bahwa gempa juga dirasakan juga di Garut, Cianjur, dan Sukabumi," kata Agus di Twitternya, @aw3126.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...