(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Gempa Meksiko Memakan Korban Hingga 32 Orang

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Gempa Meksiko Memakan Korban Hingga 32 Orang Foto: AP

WinNetNews.com - Korban tewas akibat Gempa dahsyat di Meksiko bertambah menjadi 32 orang. Gempa tersebut mengguncang Meksiko berskala 8,1 skala richter, salah satu yang terbesar tercatat di Meksiko.

Gempa tersebut juga membuat tsunami kecil di pantai selatan negara itu pada Kamis malam, dan menyebabkan retakan di gedung-gedung.

Sejumlah bangunan mengalami kerusakan parah di beberapa bagian Meksiko selatan. Beberapa laporan awal terburuk berasal dari kota Juchitan di negara bagian Oaxaca, di mana bagian balai kota, sebuah hotel, sebuah bar dan bangunan lainnya dirusak menjadi puing-puing.

Alejandro Murat, gubernur negara bagian tersebut, mengatakan bahwa 23 orang tewas terdaftar di Oaxaca, 17 di antaranya berada di Juchitan.

Seorang juru bicara untuk layanan darurat mengatakan tujuh orang juga dikonfirmasi tewas di negara bagian Chiapas. Sebelumnya, gubernur Tabasco, Arturo Nunez, mengatakan dua anak telah meninggal di negara bagiannya.

Survei Geologi A.S. (USGS) mengatakan bahwa gempa berkekuatan 8.1 ini memiliki pusat gempa di Samudera Pasifik, 54 mil (87 km) barat daya kota Pijijiapan di negara bagian Chiapas, yang selatan, dengan kedalaman 43 mil.

"Gempa tersebut memicu gelombang setinggi 2,3 kaki (0,7 m) di Meksiko," kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Presiden Enrique Pena Nieto mengatakan bahwa risiko tsunami di pantai Chiapas tidak besar.

"Kami waspada. Lebih banyak gempa susulan terjadi," kata presiden.

Dia juga memberitahu pada masyarakat untuk memeriksa rumah dan kantor mereka karena kerusakan struktural dan kebocoran gas. USGS melaporkan beberapa gempa susulan, yang berkisar antara 4,3 sampai 5,7.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});