Gempa Pertama 2019 Guncang Lombok

Rusmanto
Rusmanto

Gempa Pertama 2019 Guncang Lombok ilustrasi

WinNetNews.com - Gempa bumi tektonik pertama kali dirasakan di Indonesia pada tahun baru 2019 telah terjadi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa, 1 Januari 2019.

"Ini adalah gempa pertama kali yang dirasakan di Indonesia dalam tahun 2019. Terjadi hanya 15 menit 44 detik Wita, setelah memasuki tahun baru 2019," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono.

Menurut penjelasan Daryono, gempa bumi ini terjadi pada pukul 00.15 Wita, di wilayah Lombok Utara dengan kekuatan 3,0 magnitudo.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,36 LS dan 116,20 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer barat laut Lombok Utara, pada kedalaman 10 kilometer.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat dirasakan di wilayah Lombok Utara III MMI. Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores atau Flores Back Arc Trust.

"Kepada masyarakat di wilayah Lombok Utara diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di viva.co.id dengan judul "Gempa Bumi Pertama 2019, Mengguncang Lombok"
 

Apa Reaksi Kamu?