Gempa Susulan 4,8 SR Kembali Goyang Bengkulu

Gempa Susulan 4,8 SR Kembali Goyang Bengkulu

Minggu, 10 Apr 2016 | 13:09 | Muchdi

WiNetNews.com - Provinsi Bengkulu kembali dilanda gempa susulan dengan kekuatan 4,8 skala richter, pukul 10.07 WIB, Minggu (10/4/2016). Gempa kali ini berlokasi di 4.45 Lintang Selatan, 102.07 Bujur Timur.

Sebelumnya Gempa Bawah Laut atau tektonik dengan kekuatan 5,9 pada Skala Richter (SR) menggoyang Provinsi Bengkulu pada Minggu 10 April 2016 pukul 09.14 WIB.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Fatmawati Soekarno Bengkulu Anjasman menerangkan, kenapa susulan ini bergeser ke arah selatan dari Kota Bengkulu atau tepatnya di 84 km Barat Daya, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, dengan kedalaman 20 kilometer.

"Pergerakan sesar pada pertemuan lempeng Euroasia dan Indoaustralia mengarah ke arah selatan, tidak berpotensi tsunami," ujar Anjasman di Bengkulu. Minggu (10/4/2016).

Sementara itu, warga pesisir pantai Kota Bengkulu terlihat mengamati pergerakan air laut. Mereka takut jika saja kondisi air laut mendadak surut sebagai tanda akan terjadi tsunami.

 

Dodi Marten, ketua kelompok masyarakat peduli bencana Kota Bengkulu menyatakan, alat deteksi gempa yang dipasang secara manual di beberapa titik sepanjang kawasan pemukiman dekat pantai tidak menyatakan ada pergerakan air yang sangat tajam.

"Alat yang kami pasang, otomatis berbunyi jika getaran gempa mencapai 7 skala richter, jika masih dibawah itu tidak bereaksi," ungkap Rudi.

Meskipun BMKG menyatakan 2 kali gempa yang terjadi tidak menimbulkan efek tsunami. Namun masyarakat tetap waspada terhadap segala kemungkinan hak alam alam yang bisa saja terjadi.

"Kita tetap waspada, jalur evakuasi yang sudah disiapkan lama tetap kami rawat untuk menjaga semua kemungkinan yang bisa saja terjadi," pungkas Dodi.

Sumber dari Liputan6 , Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...