(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Gen Kamu Ternyata Pengaruhi Caramu Memiliki Teman!

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Gen Kamu Ternyata Pengaruhi Caramu Memiliki Teman! Foto: Shutterstock

WinNetNews.com - Apakah kamu bisa membuat teman dengan mudah atau malah menghindar? Atau kamu pernah bertanya mengapa kamu sulit memiliki teman, tapi orang lain dengan mudah mencari teman?

Ini mungkin genetik, kata ilmuwan yang telah mengidentifikasi dua gen yang membuat beberapa orang lebih ramah dengan mengatur hormon cinta oksitosin.

Peneliti dari National University of Singapore menemukan bahwa gen CD38 dan CD157 dikaitkan dengan sosialitas individu muda. Mereka menemukan bahwa orang dewasa muda yang memiliki ekspresi gen CD38 lebih tinggi serta perbedaan urutan gen CD157 lebih bersahabat dan lebih mahir daripada yang lain. Mereka memiliki lebih banyak teman dekat dan menunjukkan kemampuan sosial yang lebih besar.

Seperti dikutip dari Hindustantimes, gen CD38 dan CD157 mengatur pelepasan oksitosin, hormon sosial terpenting pada manusia yang terlibat dalam perilaku sosial primer seperti ikatan pasangan, perkawinan dan pemeliharaan anak, hingga perilaku yang lebih canggih seperti empati, kepercayaan dan kemurahan hati.

Tim tersebut mempelajari lebih dari 1.300 orang dewasa muda China yang sehat di Singapura dalam suasana yang tidak klinis. Mereka menyelidiki korelasi antara ekspresi gen CD38 dan rangkaian gen CD157, yang keduanya telah terlibat dalam studi autisme, dan keterampilan sosial individu seperti yang ditangkap oleh tiga kuesioner yang berbeda.

Kuesioner ini mengevaluasi kemampuan keseluruhan peserta untuk terlibat dalam hubungan sosial. Nilai moral mereka tentang pentingnya dan minat pada persahabatan serta jumlah teman dekat atau kepercayaan yang mereka miliki.

"Kami percaya bahwa mempelajari ekspresi gen menangkap lebih banyak informasi daripada studi struktur sederhana dari urutan DNA, karena ini adalah ekspresi gen yang pada akhirnya menentukan bagaimana gen mempengaruhi sifat kita," kata Profesor Richard Ebstein dari NUS.

"Oksitosin memainkan peran penting dalam perilaku ini, sehingga masuk akal bagi tim kami untuk mempelajari jaringan oksitosin dalam kaitannya dengan keterampilan sosial yang penting untuk persahabatan," kata Ebstein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta dengan ekspresi CD38 lebih tinggi memiliki lebih banyak teman dekat, dan asosiasi ini diamati lebih banyak di kalangan peserta pria.

Temuan dari studi ini membantu memperdalam pemahaman hubungan antara keramahan manusia dan oksitosin. Dengan melepaskan hormon sosial, gen CD38 dan CD157 tidak hanya mengatur kehidupan sosial pada tingkat sel, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan sosial manusia yang penting dalam membangun ikatan sosial dan persahabatan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});