Gendut Dan Miras Ancaman Besar Bagi Eropa

Gendut Dan Miras Ancaman Besar Bagi Eropa

 

Wingamers.com - Gendut dan miras ancaman besar bagi Eropa. Bukan perang atau penyakit menular, melainkan penyakit yang diciptakan sendiri. Setidaknya itu yang diwartakan oleh The International News.

Para ahli kesehatan menyatakan kekhawatirannya tentang ancaman alkohol dan obesitas di negara-negara maju. Sebanyak 39 negara, termasuk negara-negara anggota Uni Eropa serta bekas Republik Soviet mengalami ancaman yang sama.

"Tingkat kematian dini akibat penyakit menular, termasuk kanker, penyakit jantung, diabetes dan penyakit pernapasan kronis, menurun dengan cepat. Tetapi tingkat konsumsi alkohol, penggunaan tembakau dan obesitas tetap tinggi dan ini bisa berarti sebuah kemunduran," kata ujar laporan yang dikeluarkan World Health Organization (WHO).

Meskipun tingkat merokok dan konsumsi alkohol menurun di banyak negara, namun tidak di Eropa.

Diperkirakan, rata-rata 11 liter alkohol murni diminum per orang setiap tahun, sementara 30 persen dari populasi itu menggunakan tembakau.

Peneliti juga menemukan, 59 persen warga Eropa menderika kelebihan berat badan atau obesitas. Amerika Serikat sendiri berada di tingkat tertinggi di dunia. Walau Indonesia tidak ada di penelitian ini, alangkah lebih baik jika hidup sehat dimulai dari sekarang.