Gerimis Lebih Berbahaya Dibandingkan Hujan?
ilustrasi

Gerimis Lebih Berbahaya Dibandingkan Hujan?

Minggu, 31 Mei 2020 | 19:55 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Waktu kecil, Anda mungkin pernah diberi tahu oleh orangtua bahwa gerimis bikin sakit. Banyak orang percaya bahwa berjalan di bawah gerimis atau hujan rintik-rintik justru lebih berbahaya daripada hujan-hujanan sampai basah kuyup. 

Kalau Anda termasuk orang yang percaya pada teori tersebut, mungkin akhir-akhir ini Anda sering dilanda keraguan. Pasalnya ketika memasuki musim hujan, hampir setiap hari Anda harus menerjang hujan atau gerimis. Maka, sebelum Anda memutuskan untuk hujan-hujanan, simak dulu informasi berikut ini untuk meluruskan pemahaman Anda soal hujan, gerimis, serta penyakit.

Mitos seputar gerimis dan hujan

Teori bahwa berada di tempat terbuka ketika gerimis bikin sakit sudah beredar sejak lama, bahkan tak hanya di Indonesia saja. Para orangtua tampaknya percaya kalau dibandingkan dengan hujan lebat, gerimis lebih rentan menyebabkan flu atau masuk angin. Meskipun mitos ini tak sepenuhnya salah, ada kesalahpahaman umum yang membuat teori ini kurang masuk akal.

Gerimis, hujan, panas terik, atau badai tidak bisa menyebabkan penyakit. Penyakit hanya bisa disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh manusia. Cuaca atau musim saja tidak akan membuat seseorang sakit. Perlu diketahui juga bahwa virus dan bakteri tidak serta-merta membiak jadi lebih banyak di musim hujan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...