Gerindra Sambut Baik Tawaran PDIP Songsong Pilkada Depok

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Gerindra Sambut Baik Tawaran PDIP Songsong Pilkada Depok Ilustrasi. (Foto: Liputan6.com)

Winnetnews.com - Jika kita masih terbawa hawa panasnya Pilpres 2019, ada baiknya kita tanggalkan sejenak untuk menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang serentak dilaksanakan di beberapa kota/kabupaten, salah satunya di Kota Depok, Jawa Barat.

Gerindra yang sempat bersebrangan dengan PDI Perjuangan di Pilpres 2019, justru siap berkoalisi saat maju Pilkada Depok 2020. Hal ini dibenarkan Ketua Pelaksana Harian (Plh) Dewan Pimpinan cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Depok, Jamaludin.

Melansir laman Kompas.com, DPC Gerindra Kota Depok mendapat ajakan PDI Perjuangan Kota Depok yang akan membentuk koalisi gemuk untuk menggeser tahta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Depok.

“Kita juga mengapresiasi baik ajakan koalisi itu positiflah selagi tujuannya untuk baik ke depan," ujar Jamaludin saat dihubungi, Senin (16/9/2019) malam.

Jamaludin mengatakan PDI Perjuangan bahkan sudah setuju untuk menjagokan Ketua DPC Gerindra, Pradi Supriatna yang saat ini menjabat wakil walikota Depok untuk maju jadi walikota Depok pada periode selanjutnya.

Jamaludin mengklaim, PDI Perjuangan dan Gerindra menilai Pradi punya elektabilitas yang memadai untuk menjadi wali kota Depok menggantikan Mohammad Idris. Bahkan, Jamaludin menilai warga Depok memiliki keinginan akan adanya perubahan pemimpin Depok yang selama ini ‘jebolan PKS.

"Ada juga sebagian masyarakat yang ingin warna baru, dasar kami ini mencalonkan Pradi jadi walikota, selain didukung dari partai selain Gerindra tapi kita melihat ada kemauan dari bawah juga ingin Pradi jadi walikota," kata Jamaludin.

Jamaludin mengakui, PKS bukan lawan mudah di Depok. Namun dia tidak khawatir. Sebab Gerindra juga mulai berkomunikasi intensif dengan sejumlah partai lain untuk membentuk koalisi gemuk bersama PDI Perjuangan.

"Nah, memang kami punya omongan informal juga dengan Partai Demokrat, PAN, PPP secara intensif mencalonkan untuk berkoalisi supaya bisa memenangkan pilkada di tahun 2020 nanti," terang Jamaludin.

Jamaludin menandaskan, pihaknya akan tetap menunggu arahan DPP meski sudah menjagokan Ketua DPC Gerindra, Pradi Supriatna untuk jadi wali kota Depok di periode selanjutnya.

"Tetap bagi sebagai kader kami menunggu arahan DPP seperti apa tapi intinya bahwa sudah ikthiar. Kami lah yang di bawah yang tahu Depok seperti apa, bagaimana keinginan masyarakat pada Gerindra," tutup Jamal.

Apa Reaksi Kamu?