Gibran Matangkan Rencana Pembagunan Rel Layang di Solo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming meninjau pembangunan ruang serbaguna di Terminal Tirtonadi Tipe A di Solo, Jawa Tengah, Minggu (28/2). (Foto: dok. Kementerian Perhubungan)

Gibran Matangkan Rencana Pembagunan Rel Layang di Solo

Senin, 1 Mar 2021 | 12:35 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Baru beberapa hari resmi menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka langsung mematangkan rencana pembangunan jalur rel elevated atau rel layang di perlintasan kereta api (KA) Palang Joglo, Solo.

Gibran menegaskan pembagunan rel layang ini untuk mengatasi masalah kemacetan di perlintasan kawasan Palang Joglo yang harus segera diselesaikan.

"Saya tadi menyampaikan dalam meeting, kalau tidak segera diselesaikan, persoalan Palang Joglo akan semakin menumpuk," katanya.

Menurutnya, pemilihan rel layang sebagai solusi mengatasi masalah macet di Palang Joglo karena minim dengan pembebasan lahan.

"Makanya dipilih elevated rel, semuanya sudah ok, ada kendala tapi sudah diselesaikan semua," katanya.

Gibran mengatakan dalam waktu dekat akan melakukan pembahasan lebih lanjut bersama dengan PT KAI dan Kementerian Perhubungan membicarakan detail dan teknis proyek ini.

"Rencananya pekan depan, Rabu kita paparan dengan KAI, Kamisnya paparan dengan Kemenhub," katanya.

Dalam kesempatan itu Gibran juga mengungkapkan rencana untuk membangun Sport Station dan Convention Hall di lantai dua Terminal Tipe A Tirtonadi Solo. Sebelumnya, di lokasi yang sama sempat direncanakan akan dibangun mal dan hotel. 

"Nggak, nggak ada mall dan hotel," kata Gibran saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau lokasi, Minggu (28/2).

Gibran menilai lokasi tersebut lebih membutuhkan gedungolah raga dan convention hall.

 "Di Solo saja sudah ada 6.500 kamar, ditambah lagi Karanganyar, sudah sampai 8.500 kamar (hotel)," katanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...