Gigi Bungsu Tumbuh di Usia 23 Tahun? Gak Usah Panik, Nih 6 Fakta Gigi Bungsu!

Gigi Bungsu Tumbuh di Usia 23 Tahun? Gak Usah Panik, Nih 6 Fakta Gigi Bungsu!

Jumat, 20 Mei 2016 | 10:39 | kontributor

WinNetNews.com - Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan. Bayangkan kalau kamu tak punya gigi, kamu gak bisa menikmati yang namanya makan sate, pizza, sandwich dan makanan lezat lain yang keras-keras. Kamu akan kehilangan nikmatnya surga dunia yang penuh dengan makanan lezat.

Tapi bagaimana kalau ada gigi yang tumbuh tidak wajar, padahal usia mu sudah memasuki kepala dua. Padahal biasanya kan tumbuh gigi dialami pada usia anak-anak. Terlebih lagi kalau gigi tumbuh di usia dewasa biasanya muncul juga berbagai keluhan secara bersamaan, seperti rasa nyeri, sakit kepala, infeksi gusi/radang gusi, gusi bengkak, bau mulut, demam, bahkan sakit di telinga. Normal gak sih kondisi ini?

1. Gigi geraham yang tumbuh paling akhir banyak orang menyebutnya dengan gigi bungsu

image0

Umumnya gigi ini tumbuh pada usia 17-25 tahun. Jumlah gigi manusia dewasa normalnya adalah 32. Coba kamu hitung jumlah gigi mu ada berapa? Kalau sekarang jumlah gigi mu ada 28 pasti nanti gigi bungsu akan tumbuh.

2. Tidak semua gigi terakhir yang tumbuh disebut dengan gigi bungsu

image1

Yang disebut gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga. Gigi ini merupakan gigi tetap. Biasanya gigi bungsu yang tumbuh jumlahnya ada 4 buah, 2 di rahang atas (kanan-kiri) dan 2 di rahang bawah (kanan-kiri). Rasa sakit yang sangat menyiksa akibat tumbuhnya gigi bungsu, biasanya terjadi bila gigi bungsu itu tumbuh miring.

Jika kamu merasakan sakit akibat tumbuhnya gigi bungsu ini, kamu bisa mengatasinya dengan meminum obat analgetik (pereda nyeri). Biasa yang digunakan adalah asam mefenamat atau mefinal. Namun penderita biasa meminum asam mefenamat.

3. Gigi bungsu ini sering tidak muncul karena terperangkap di dalam rahang

image2

Jika muncul, gigi ini akan menimbulkan sakit karena sobeknya gusi, kurangnya tempat untuk gigi tumbuh dan terhalangnya gigi bungsu oleh gigi lain. kita tidak bisa mencegah gigi bungsu ini tumbuh tidak miring, karena pertumbuhan gigi bersifat alamiah dan tergantung pada benih giginya. Jika benihnya bagus, maka gigi tersebut akan tumbuh lurus.

Selain itu, gigi bungsu yang tumbuh miring juga bisa mempengaruhi susunan gigi lain yang sudah tumbuh terlebih dahulu. Jika gigi bungsu yang tumbuh miring berbahaya untuk gigi yang lain dan membahayakan untuk gusi, maka gigi bungsu ini perlu dicabut.

 

4. Kalau gigi bungsu mu tumbuh miring, kamu perlu pertimbangkan hal ini!

image3

Pencabutan gigi ini tidak dilakukan seperti mencabut gigi pada umumnya, melainkan melalui opersai odonrektomi dan harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut. Sebelum kamu melakukan operasi pengambilan gigi bungsu ini, kamu harus melakukan foto rontgen panoramic gigi terlebih dahulu untuk melihat kemiringan gigi.

5. Kamu bisa minum obat analgetik

image4

Jika kamu merasakan sakit akibat tumbuhnya gigi bungsu ini, kamu bisa mengatasinya dengan meminum obat analgetik (pereda nyeri). Biasa yang digunakan adalah asam mefenamat atau mefinal. Namun penderita biasa meminum asam mefenamat.

6. Nyeri akibat tumbuh gigi bungsu tidak hanya terjadi saat gigi itu tumbuh saja

image5

Tapi Winners juga perlu tahu nih! tidak semua orang akan mengalami tumbuhnya gigi bungsu ini. Dan sakit akibat tumbuh gigi bungsu tidak hanya saat tumbuh. Bahkan di kisaran umur 40 tahun seseorang bisa mengalami kambuh sakit akibat gigi bungsu ini. Dan jika gigi bungsu ini muncul pada wanita hamil, maka tidak boleh dicabut. Yang paling aman adalah diberi analgesik dengan jenis dan dosis yang tepat untuk wanita hamil.

Itulah 6 fakta tetang gigi bungsu yang tumbuh di usia dewasa. Gak perlu panik ya Winners! Jaga selalu kesehatan kamu ya!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...