Gila, Baru Setahun, Pokemon Go Udah Raih Pendapatan USD 1 miliar

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Gila, Baru Setahun, Pokemon Go Udah Raih Pendapatan USD 1 miliar

WinNetNews.com - Kamu pasti masih ingat bagaimana game Pokemon GO berhasil membuat keriuhan di seluruh belahan bumi saat awal kehadirannya. Banyak orang yang penasaran dengan teknologi augmented reality yang ditawarkan oleh game kembangan Niantic tersebut. Tentu ini memberikan cara bermain yang baru bagi para gamers dan tentunya kalangan non-gamers. Dengan hype yang begitu tinggi, banyak yang memperkirakan Pokemon GO berhasil meraih pendapatan hingga USD 1 miliar dalam satu tahun.

Dan benar saja, game augmented reality ini telah berhasil mencapai angka tersebut dan beberapa di antaranya sesuai dengan data terakhir dari Apptopia. Menurut startup kecerdasan aplikasi yang berbasis di Boston itu, game ini kabarnya berhasil meraih pendapatan sebesar USD1.2 miliar yang kurang lebih sudah satu tahun dirilis. Bahkan game ini telah mencetak statistik yang sangat mengesankan dengan angka unduhan lebih dari 752 juta kali.

Sayangnya, meski angka pendapatan dan statistik unduhan begitu tinggi, jumlah pemain aktif bulanan game ini semakin hari semakin menurun. Apptopia mengklaim bahwa Pokemon GO memiliki sekitar 60 juta pemain bulanan untuk bulan Juni 2017, dengan 20% pemain membuka game ini setidaknya sekali dalam sehari. Angka tersebut menurun drastis jika dibandingkan bulan sebelumnya yang dilaporkan mencapai 100 juta.

Sadar akan jumlah pemain yang semakin menurun, Niantic berusaha keras agar para pemain dapat kembali memainkan game ini. Langkah yang diambil Niantic adalah memperkenalkan fitur mode pertarungan baru yang diharapkan mampu menarik minat para pemain Pokemon GO yang sudah berhenti memainkan game ini.

Apa Reaksi Kamu?