Gitaris Legendaris Eddie Van Halen, Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun
Foto: Wmur.com

Gitaris Legendaris Eddie Van Halen, Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun

Rabu, 7 Okt 2020 | 05:27 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Gitaris legendaris musik Rock, Eddie Van Halen meninggal dunia di usianya yang ke-65 tahun. Pendiri band The Van Halen ini, meninggal dunia karena kanker yang dideritanya.

Kabar duka ini disampaikan oleh putranya, Wolfgang, melalui akun media sosial pada Selasa (6/10) kemarin. 

"Saya tidak percaya saya harus menulis ini, tetapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kehilangan perjuangannya yang panjang dan sulit melawan kanker pagi ini," tulis Wolf Van Halen di akun Twitternya.

Dia menuliskan kalau Eddie adalah sosok ayah terbaik untuk dirinya. Waktu yang telah mereka habiskan di atas dan di luar panggung, menjadi hadiah dalam hidupnya.

"Hati saya hancur dan saya rasa saya tidak akan sepenuhnya pulih dari kehilangan ini. Saya sangat mencintai mu, Pop," tutupnya.

Eddie Van Halen lahir di Amsterdam pada tahun 1955 dan besar di Pasedana, California. Ia kemudian membentuk sebuah band bersama saudaranya Alex, bassis Michael Anthony dan vokalis David Lee Roth tahun 1974, setelah satu sekolah di Pasadena City Collage.

Mengutip The Guardian, grup musik ini menjadi salah satu dari 20 artis terlaris sepanjang masa,dan merilis album multi-platinum dalam lima tahun berturut-turut: Van Halen II (1979), Women and Children First (1980), Fair Warning (1981), Diver Down (1982) dan terakhir hit terbesar mereka, 1984.

Eddie tumbuh mengidolakan Eric Clapton dan mempunyai gaya dinamisnya sendiri saat bermain gitar. Dia sering bermain menggunakan kedua tangannya di leher gitar. 

"Saya melakukan apapun yang saya inginkan. Saya tidak terlalu banyak memikirkan hal itu.. Semuanya terjadi secara spontan," jelas Eddie Van Halen dalam wawancara dengan Guitar Player tahun 1978.

Eddie Van Halen, juga merupakan pianis otodidak dan terlatih secara klasik yang dapat memainkan sebagian besar instrumen tetapi tidak dapat membaca musik, juga berjuang melawan berbagai masalah kesehatan selama beberapa dekade ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...