Go Car DIY Resmi Dinonaktifkan

Go Car DIY Resmi Dinonaktifkan

WinNetNews.com - Go Car, angkutan berbasis aplikasi ini resmi dilarang oleh Dinas Perhubungan DIY pertanggal 27 Juli 2016. Pasalnya, Go Car tidak memiliki trayek resmi layaknya taxi regular lainnya. Selain itu, pengehantian Go Car di DIY juga agar tidak terjadi konflik antara taxi regular dengan Go Car.

Dishub DIY menggelar rapat dengan Direktorat Lalu Lintas Polda DIY, Paguyuban Taxi, Organda dan perwakilan dari Go Jek DIY. Rapat ini terkait dengan pengaduan organda (Organisasi Angkutan Darat) DIY.

Menurut Ketua Organda DIY Agus Adrianto, Go Car DIY dipandang belum memenuhi persyaratan, baik yang diatur Menteri Perhubungan, Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2004 tentang Badan Hukum, Undang-undang Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009.

Tidak hanya itu saja, tarif yang diberikan antara taxi regular dengan tarif Go Car berbeda. Tarif taksi resmi yang menjadi anggota Organda DIY diatur dalam SK Gubernur DIY yakni untuk tarif buka pintu Rp6.500, tarif perkilometer Rp4.000, dan tarif tunggu Rp40.000 perjam.

Sedangkan tarif Go Car tidak mengikuti aturan. Jumlah taksi yang resmi di DIY sekitar 1.000 mobil reguler dan 25 premium.