Gojek Akan Merambah Negara Asean Lainnya
ilustrasi

Gojek Akan Merambah Negara Asean Lainnya

Kamis, 29 Mar 2018 | 08:20 | Rusmanto

WinNetNews.com - Kabar terbaru menyebutkan Gojek bersiap ekspansi ke negara lain di Asia Tenggara dalam beberapa pekan ke depan seperti yang dilaporkan oleh Reuters. Filipina disebut jadi salah satu negara di Asia Tenggara yang akan dituju oleh Gojek.

Reuters mendapatkan kabar tersebut dari surat elektronik internal yang beredar di internal Gojek. 

"Persiapan sudah berjalan dengan baik dan dalam beberapa pekan ke depan peluncuran negara (operasional) baru akan diumumkan," bunyi surat elektronik itu yang beratasnamakan CEO Gojek Nadiem Makarim.

Dalam surat itu, Nadiem sebenarnya tidak menyebut nama negara tertentu yang jadi tujuan ekspansi mereka. Akan tetapi Chief Technology Officer (CTO) Gojek pernah mengatakan Filipina bakal menjadi negara yang disasar oleh Gojek di tahun ini.

Tak hanya itu, surel internal itu juga mengemukakan bahwa setelah negara pertama diumumkan, akan ada tiga negara lain yang akan 'diinvasi' oleh Gojek.

"Ini akan diikuti oleh tiga negara lain di Asia Tenggara di pertengahan tahun."

Kabar kepastian ekspansi Gojek ke negara lain ini mengemuka tak lama setelah Uber menyerah dalam bisnis pemesanan kendaraan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Dalam surel tadi, Nadiem percaya diri bahwa strategi dan kondisi keuangan mereka sanggup mengangkat level mereka dari jagoan kelas lokal menjadi pemain level internasional.

"...Kami punya dukungan yang lebih dari cukup untuk merajut kisah pertumbuhan paling menakjubkan di dunia dari fenomena Indonesia menjadi fenomena global."

Secara finansial, Gojek memang bukan lagi pemain lokal biasa. Investor mereka merentang dari perusahaan lokal hingga perusahaan global, termasuk Temasek asal Singapura, Tencent asal China, dan Google asal Amerika Serikat.

Dengan rencana tersebut, Gojek akan berusaha menyaingi posisi Grab di pasar regional. Setelah mundurnya Uber dari persaingan, otomatis hanya Grab yang leluasa menggarap pasar Asia Tenggara yang merupakan tempat hidup bagi 640 juta jiwa. (cnnindonesia)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...