Gokil! di Tempat Fitness ini Olahraganya Cuma Tidur, Tapi Bisa Bikin Kurus

Gokil! di Tempat Fitness ini Olahraganya Cuma Tidur, Tapi Bisa Bikin Kurus

Sabtu, 29 Apr 2017 | 18:16 | kontributor

Winnetnews.com - Kelas fitnes biasanya melibatkan aktivitas fisik yang intens. Entah itu angkat beban, TRX, kelas spinning, zumba, yoga hingga dansa. Tapi kelas fitnes yang satu ini berbeda. Alih-alih olahraga, Anda hanya perlu tidur.

Adalah David Lloyd Clubs, pusat kebugaran asal London, Inggris, yang menghadirkan kelas 'tidur' di gym. Kelas yang dinamakan Napercise ini dikhususkan untuk orang-orang dewasa yang merasa tidak mendapat cukup waktu tidur dalam kesehariannya yang sibuk.

Dilansir dari Mashable, kegiatan kelas ini berdurasi 60 menit yang terdiri dari peregangan selama 15 menit untuk melepaskan ketegangan otot, dan 45 menit waktu tidur. Tak sekadar tidur memejamkan mata, tapi tidur yang berkualitas.

"Sesi tidur siang di studio kami berdurasi 45 menit dan dirancang untuk menyegarkan pikiran, tubuh, bahkan membakar kalori ekstra," begitu klaim yang tertulis dalam situs David Lloyd Clubs.

Dalam kelas tersebut telah tersedia kasur, selimut, penutup mata dan musik yang mengalun dengan lembut agar orang menjadi lebih mudah terlelap dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Temperatur di dalam ruangan juga diatur sedemikian rupa untuk membantu tubuh membakar sejumlah kalori selama tidur.

Kelas yang diklaim baru pertama ada di dunia ini diciptakan setelah sebuah studi mengungkap akan pentingnya tidur siang. Dalam penelitian tersebut diketahui tidur siang sangat bermanfaat meningkatkan kewaspadaan, menghilangkan kecemasan atau stres dan menjaga mood tetap positif.

Studi lain yang dilakukan oleh Allegheny College, Pennsylvania, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Refinery29 menunjukkan bahwa tidur siang yang cukup bisa membuat seseorang beristirahat lebih baik di malam hari. Selain itu, tidur siang juga bisa memudahkan seseorang untuk mengontrol tingkat stresnya, bahkan dapat meningkatkan kapasitas belajar.

Napercise dikembangkan bersama pakar kesehatan tidur Kathryn Pinkham, yang menjelaskan bahwa tidur adalah aktivitas cukup penting dari yang selama ini orang tahu. Dengan cukup tidur, berarti Anda juga memelihara kesehatan secara menyeluruh untuk jangka panjang. Untuk itu Napercise diciptakan dengan tujuan mengatasi masalah kurang tidur yang kerap dialami masyarakat dan keluarga di perkotaan.

"Mengisi studio olahraga dengan tempat tidur mungkin terlihat tak biasa, tapi jika terbukti sukes, kami tentu senang menambahkan program kelas ini ke lebih banyak cabang," ujar juru bicara David Lloyd Clubs yang saat ini sudah memiliki sekitar 81 cabang klub olahraga.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...