Golongan Darah O Beserta Informasi Penting Lainnya yang Harus Diketahui
ilustrasi

Golongan Darah O Beserta Informasi Penting Lainnya yang Harus Diketahui

Minggu, 22 Nov 2020 | 11:28 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ada empat jenis golongan darah di dunia, yaitu A, B, AB, dan O. Mana yang jadi golongan darah Anda dapat menggambarkan bagaimana kesehatan, kepribadian, hingga bahkan risiko penyakit di masa depan. Nah, dari keempatnya, golongan darah O termasuk yang cukup spesial karena katanya bisa menyumbangkan darah mereka ke golongan darah mana pun. Benarkah begitu?

Kenapa seseorang bisa punya golongan darah O?

image0

Setiap golongan darah memiliki antigen yang berbeda. Antigen adalah protein khusus yang diproduksi oleh sistem imun tubuh untuk mengenali sel asing berbahaya yang berpotensi bahaya.

Antigen kemudian bergabung dengan antibodi dalam plasma darah untuk membentuk kombinasi molekul unik. Kombinasi antigen dan antibodi inilah yang menentukan golongan darah Anda. Golongan darah O tidak memiliki antigen A atau B, tapi memiliki antibodi A dan B

Di samping itu, golongan darah juga memiliki antigen tambahan yang disebut dengan rhesus (faktor Rh). Apabila darah Anda ditemukan memiliki faktor Rh, artinya darah Anda “positif”, dan dituliskan dengan tanda “plus”, seperti A+, B+, AB+, dan O+.

Sebaliknya, jika dalam darah Anda tidak mengandung rhesus, artinya golongan darah Anda “negatif” sehingga ditandai dengan simbol minus (-), seperti A-, B-, AB- atau O-.

Antigen diwariskan dari ayah dan ibu Anda. Anda bisa mendapatkan golongan darah tipe O apabila salah satu atau kedua orangtua Anda memiliki darah O.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...