Golput? Ini 4 Solusi Untuk Menghentikannya
Sumber Foto : Istimewa

Golput? Ini 4 Solusi Untuk Menghentikannya

Jumat, 15 Feb 2019 | 08:56 | Oky

WInnetnews.com - Pada zaman sekarang Golput lebih dikenal dengan sebutan tidak mau ikut memilih dalam suatu bentuk acara pemilihan. Lalu dengan banyaknya pemerintah sebelumnya yang telah terpilih malah mengecewakan para rakyat sehingga bagi mereka semua pemerintahan sama saja dan berujung berifikiran untuk melakukan Golput.Perasaan kecewa dan kurangnya pengetahuan terhadap janji nyata atau logis yang di tawarkan oleh para calon pemimpin. Jadi, menurut saya Golput adalah suatu tindakan akan kurangnya apresiasi, dimana harusnya kita menggunakan Hak Suara kita untuk sebuah perubahan dalam negara kita. Makanya mereka akan mengambil jalan pintas dengan tidak akan menggunakan Hak Suara yang mereka dapatkan.

Jadi apapun alasan kita untuk melakukan Golput setidaknya kita tidak menjadi berlarut-larut dalam golongan tersebut. Karena jika kita terus menerus melakukan Golput kita berarti akan membiarkan seseorang sosok calon pemimpin yang tidak mempunyai kriteria yang baik untuk memimpin kita bahkan menjadi penguasa. Maka jika ada calon pemimpin yang sesuai dengan keiteria kita haruslah kita mulai meninggalkan cara berfikir untuk Golput.

Apa Solusinya?

  1. Kenali dan Cari Tahu

    Kenapa kita harus mengenali dan mencari tahu? Ya , ini adalah salah satu upaya untuk menekan angka Golput. Karena dengan cara ini kita bisa memiliki sebuah pengetahuan sehingga tidak dapat di provokasi agar melakukan tindakan tersebut.

    Kenali : Kita harus mengenali siapa saja calon yang mencalonkan diri sebagai para pemimpin dengan begini kita bisa mengetahui profile mereka sebelum mencalonkan dengan begitu maka kita bisa melihat apakah ada yang berubah saat mereka mencalonkan diri dan saat sebelum mencalonkan diri mereka.

    Cari Tahu : Kita harus mencari tahu tentang Janji apa saja yang mereka tawarkan. Apakah janjinya masuk akal? Apakah janjinya bisa mereka tepati saat mereka tepilih? Dan masih banyak pertanyaan yang timbul dari presepsi kita masing-masing. Kenapa harus mencari tahu dengan pertanyaan? Karena sebuah pertanyaan pasti ada jawabannya, dengan jawaban dari para calon ini kita bisa melihat apakah yang di tawarkan mereka ini bersifat logis dan masuk akal atau hanya khayalan mereka semata.
  2. Jangan Tertipu

    Kita hendaknya jangan tertipu oleh berita yang sekarang banyak tersebar, kerena kita tidak tahu apakah berita itu sudah mendapat konfirmasi dari yang bersangkutan atau belum. Makanya pengetahuan yang sebelumnya kita punya dapat meminimalisir dampak golput yang akan di sebabkan oleh berita berita hoax yang sudah banyak tersebar di masyarakat.
  3. Utamakan membaca

    Negara kita sangatlah darurat untuk soal membaca makanya kita disini harus pintar dan mengingatkan kepada teman, kerabat dan keluarga. Jika mendapat berita yang belum tentu benar baca dahulu artikelnya dan jangan terpengaruh oleh satu komentar yang di luapkan oleh salah satu orang di kolom komen postingan tersebut.
  4. Percaya Diri

    Ini juga bisa membuat kita menekan angka Golput, dengan percaya diri maka kita di harapkan sudah yakin dengan pilihan yang akan kita ambil. Bukan masih memilih dan belum yakin, karena jika kita percaya diri maka kita akan bisa memilih tanpa terprovokasi orang lain.

 

 

Ditulis oleh Ezra

Mahasiswa London School of Public Relations

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...