Google Akui Salah Teknis di Layanan Takeout
Sumber: Bloomberg.com

Google Akui Salah Teknis di Layanan Takeout

Kamis, 6 Feb 2020 | 16:00 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Perusahaan situs pencarian terbesar, Google Inc, tengah tersandung kasus yang berkaitan dengan privasi pengguna dalam salah satu layanannya, yakni Google Takeout yang ada dalam layanan Google Photos.

The Verge menyebutkan Google tanpa sengaja mengirimkan video personal penggunanya pada orang asing. Dilansir dari Merdeka.com, Kamis (7/2/2020), Google menilai hal tersebut adalah persoalan teknis.

Kesalahan teknis ini terjadi pada bulan November 2019. Pengguna yang request backup di layanan ini antara tanggal 21 November hingga 25 November 2019, berpotensi menerima arsip atau video yang tidak lengkap, dengan kata lain bukan milik mereka.

Google dalam email klarifikasinya kepada pengguna layanan Takeout, tidak menyebut spesifik soal jumlah pengguna yang terdampak error ini.

Namun Google menyebut bahwa kurang dari 0,01 persen dari pengguna Google Photos yang juga menggunakan Takeout ikut terdampak error ini.

Meski demikian, lebih dari 1 miliar orang yang menggunakan Google Photos. 0,01 persen orang setidaknya ada 100 ribu orang.

Google menyelesaikan masalah ini dalam waktu lima hari, dan mendorong pengguna untuk menghapus ekspor data apapun dari tanggal tersebut, dan mengunduh ulang konten yang mereka butuhkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...