(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Google Bantah Rencana Penutupan Hangouts

Rusmanto
Rusmanto

Google Bantah Rencana Penutupan Hangouts ilustrasi

WinNetNews.com - Google menepis rumor yang menyebut rencana penutupan Hangouts untuk konsumen biasa pada 2020 mendatang.

Adalah Scott Johnston, Google Real Time Communications Product Lead yang menepis rumor tersebut melalui akun Twitter pribadinya. Menurutnya, Google tak berencana menutup Hangouts, melainkan memecahnya menjadi dua layanan terpisah.

Kedua layanan tersebut, menurut Johnston adalah Hangouts Chat dan Hangouts Meet. Namun menurut 9to5Google, yang pertama mengabarkan informasi penutupan Hangouts ini, sumber mereka bersikukuh kalau Google tetap akan menutup Hangouts pada 2020, dan keputusan penutupan tersebut saat ini sudah final.

"Tak ada keputusan yang dibuat terkait penutupan Hangouts. Pengguna Hangouts akan ditingkatkan menjadi Hangouts Chat dan Hangouts Meet," tulis Johnston di akun @happyinwater.

 

 

Namun seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (3/12/2018), transisi Hangouts menjadi Chat dan Meet ini memang berarti Hangouts akan ditutup. Dan kedua layanan baru itu adalah layanan kelas enterprise yang membutuhkan akun G Suite, dan belum diketahui bagaimana nasib pengguna akun Google biasa ketika kedua layanan itu mulai aktif. 

Google sendiri sering dicemooh karena terlalu banyak punya aplikasi messaging sehingga tidak fokus dan menyebabkan aplikasi lainnya terlantar. Seperti baru-baru ini, mereka mengalihkan perhatiannya ke Android Messages dan integrasi ke teknologi Rich Communication Services (RCS), dan mereka sudah menghentikan pengembangan Hangouts sejak setahun lalu.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Google: Hangouts Tak Akan Ditutup"
 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});