Google Batasi Pengguna Root Download Aplikasi di Google Play Store

Google Batasi Pengguna Root Download Aplikasi di Google Play Store

Sabtu, 27 Mei 2017 | 20:00 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Beberapa waktu lalu salah satu aplikasi streaming film terkenal, Netflix, sudah tidak bisa didownload lagi di Google Play Store untuk pengguna Android yang sudah di-root.

Google bukan tanpa alasan melakukan hal tersebut. Dalam update terbaru peraturan miliknya, Google berencana untuk membatasi pengguna root saat mendownload aplikasi di Google Play Store.

Untuk membedakan antara pengguna root dan tidak dalam halaman sebuah aplikasi di Google Play Store, pengguna root akan ditampilkan sebagai incompatible. Sedangkan pengguna yang belum root, tetap normal dan bisa mendownload aplikasi tersebut.

Selanjutnya dalam Google Play Developer Console, Google juga menambahkan kriteria baru sebelum aplikasi bisa dirilis di Google Play Store. Kriteria tersebut adalah "devices that fail integrity tests or those that are uncertified by Google,".

Dengan adanya kriteria baru tersebut, secara otomatis akan membatasi pengguna dengan akses root ataupun custom ROM Android untuk bisa mendownload aplikasi di Google Play Store.

Meskipun diblokir dan tidak bisa download aplikasi langsung dari Play Store. Pengguna tetap bisa mendownload dari tempat lain dan menjalankan aplikasi atau game tersebut secara normal di Android yang di-root.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...