Google Bikin Induk Perusahaan, Alphabet

Google Bikin Induk Perusahaan, Alphabet

Pada hari Senin, 10 Agustus, kemarin, Google mengumumkan restrukturisasi perusahaan mereka. Kini, Google akan dibawahi sebuah perusahaan utama bernama Alphabet. Selain Google, Alphabet juga akan membawahi beberapa perusahaan lain yang dulunya merupakan departemen di bawah Google.

Alphabet akan dipimpin Larry Page dan Sergey Brin - 2 pendiri Google. Page akan menjadi CEO Alphabet sementara Brin akan menjadi Presiden. Adapun Eric Schmidt akan menjabat sebagai Executive Chairman dari Alphabet. Sementara itu, posisi CEO untuk Google akan diisi Sundar Pichai. Dengan demikian, dua perusahaan raksasa teknologi dunia, Google dan Microsoft kini dipimpin orang India.

Alphabet akan membawahi beberapa perusahaan. Salah satunya adalah Google, yang masih akan tetap fokus pada berbagai produk Internet. Android, YouTube, Google search dan ad juga masih akan menjadi bagian dari Google Inc.

Pichai telah bekerja untuk Google sejak tahun 2004. Jabatan terakhirnya, sebelum menjadi CEO Google, adalah Senior Vice President of Product. Di antara eksekutif Google lainnya, Pichai merupakan salah satu eksekutif yang paling sering muncul di depan umum. Tahun ini, dia merupakan pembicara utama dalam konferensi pengembang tahunan yang diadakan Google.

Beberapa departemen yang dulunya dibawahi Google kini menjadi perusahaan cabang tersendiri. Di antaranya adalah Life Sciences, dengan proyek lensa kontak Google, Google X Lab dengan proyek seperti mobil tanpa sopir, Google Glass dan jasa pengantar barang menggunakan drone dan Calico. Google Ventures dan Google Capital juga akan menjadi perusahaan yang berdiri sendiri yang dibawahi Alphabet.

Inilah susunan perusahaan Alphabet dan perusahaan-perusahaan yang ia bawah.

image0

image1