Google Lakukan Kerjasama dengan India Buat Fitur Baru Google Maps untuk Melihat Lokasi Toilet Terdekat
Toilet /foto: Istimewa

Google Lakukan Kerjasama dengan India Buat Fitur Baru Google Maps untuk Melihat Lokasi Toilet Terdekat

Sabtu, 19 Nov 2016 | 23:35 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Pernahkah Anda merasa kesulitan menemukan toilet terdekat? Belum lama ini, Google mengembangkan Maps untuk menemukan toilet terdekat.

Fitur baru tersebut merupakan hasil kerja sama Google dengan Pemerintah India, khususnya Kementerian Pembangunan Perkotaan (MoUD). Seperti diketahui, Negeri Bollywood itu punya masalah cukup pelik berkaitan dengan toilet karena 70% rumah tangga tidak memiliki toilet sendiri.

Menurut data Public Radio International, 60% dari 1,2 miliar orang di negara tersebut masih buang air besar dan kecil di tempat terbuka. Sehingga mengarah pada masalah sanitasi yang serius. Google dan MoUD bertujuan untuk mengatasi dilema itu dengan memberikan kemudahan untuk mencari toilet dalam Maps, yakni cukup dengan mengetik kata yang relevan dalam bahasa Inggris atau bahasa asli mereka, seperti ‘toilet’, ‘WC’, ‘swachhata’, dan ‘shulabh’. Maps pun akan menunjukkan toilet yang tersedia dengan cara yang sama seperti saat menunjukkan hotel, restoran, dan perusahaan lainnya.

Seorang pejabat MoUD mengatakan kepada International Business Times bahwa mereka mengandalkan orang agar pengguna lain tahu kondisi lokasi tertentu. "Sistem yang diberlakukan sangat bergantung padacrowdsourcing, dengan umpan balik dari masyarakat yang menjadi bahan bakarnya," katanya.

Jika toilet tidak bersih atau sudah ditutup, "Ia dapat memberikan review atau rating buruk." Alat ini akan tersedia di New Delhi sebelum November berakhir dan tidak hanya akan menunjukkan toilet umum, tetapi juga mal, SPBU, rumah sakit dan tempat-tempat lain. MoUD ingin memperluas program ini untuk meng-cover daerah perkotaan lainnya meski hal itu bisa memakan waktu yang cukup lama.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...