Gorontalo diguncang gempa 5,4 SR sore ini

Gorontalo diguncang gempa 5,4 SR sore ini

WinNetNews.com - Prakirawan BMKG Gorontalo, Fathuri menerangkan, gempa berkekuatan 5,4 skala Richter terjadi Jumat (29/7) sore ini. Gempa tersebut dipastikan tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pusat gempa berada di 0,04 derajat Lintang Selatan dan 123,48 derajat Bujur Timur, atau 80 kilometer Tenggara Gorontalo di kedalaman 127 kilometer. Gempa pukul 15.29 WIT dirasakan sebagian warga di Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo cukup kencang. Tapi tidak menimbulkan kerusakan.

BMKG Gorontalo menyebutkan, Gorontalo adalah salah satu daerah yang paling rawan gempa bumi. Dari hasil pengamatan, sebagian besar gempa pusatnya berada di perairan Teluk Tomini dan wilayah Barat Daya Gorontalo.Ia menerangkan, besarnya guncangan gempa yang terasa ditentukan besarnya magnitude dan kedalaman pusat gempa yang terjadi. "Kadang kekuatan gempanya besar, tapi kedalamannya jauh biasanya guncangan tidak terasa, demikian juga sebaliknya," terang Fathuri.

Menurutnya, lempeng yang paling berpengaruh di wilayah Gorontalo dan sekitarnya merupakan Lempeng Pasifik. Sementara Lempeng Indoaustralia hanya memiliki pengaruh kecil kepada seluruh gempa yang terjadi di daerah tersebut.