Grab Taxi Optimistis Penuhi Ketentuan Kemenhub

Grab Taxi Optimistis Penuhi Ketentuan Kemenhub

Jumat, 1 Apr 2016 | 07:32 | Rusmanto
WinNetNews.com - Penyedia layanan aplikasi taksi, Grab Indonesia merasa yakin bakal memenuhi persyaratan yang dibutuhkan sebagai moda transportasi jenis angkutan umum. Mengingat, proses legislasi sebelumnya sudah dipenuhi sebagai penyedia aplikasi.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan, penyedia transportasi wajib berbadan hukum, terdaftar di pemerintah daerah, serta memiliki izin sebagai sarana transportasi.

Country Head of Marketing Grab Indonesia, Kiki Rizky menjelaskan, pihaknya sudah jauh hari sebelumnya bergabung dengan koperasi rental sebagai mitra penyedia layanan aplikasi taksi.

Dikatakan lebih lanjut, proses saat ini yang sedang berjalan menyangkut pembuktian mitra bahwa sudah berbadan hukum, memiliki pool, serta telah melewati uji kir. Terkait kelaikan kendaraan, Kiki optimistis hal itu dipastikan dapat dipenuhi, mengingat setiap kendaraan yang akan bergabung diwajibkan berusia lima tahun kebawah.

"Untuk pool kendaraan pasti sudah ada. Disana kendaraan disimpan. Paling tinggal uji kir saja," ucapnya.

Lebih lanjut, mitra taksi aplikasi hanya perlu menjalani beberapa tes kalau mereka adalah resmi operator taksi. Ia menilai, hal tersebut bukan menjadi kendala utama untuk proses legislasi yang diminta oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

"Yakin sampai bulan Mei (2016) persyaratan (sebagai taksi aplikasi) tersebut sudah selesai," jelasnya.

disadur dari situs metrotvnews

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...