Groundbreaking LRT Lebih Dulu Daripada Kereta Cepat

Rusmanto
Rabu, 19 Agustus 2015 14:14 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 19 Agustus 2015 14:14 WIB
Image Groundbreaking LRT Lebih Dulu Daripada Kereta Cepat

Pemerintah akan mengembangkan proyek kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) Jabodetabek dan kereta cepat (High Speed Train/HST). Rencana awal, groundbreaking LRT akan dilakukan lebih awal daripada proyek HST rute Jakarta-Bandung.

"Mungkin groundbreaking untuk LRT-nya lebih duluan," kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung seperti dikutip dari situs Seskab, Rabu (19/8/2015).

Meski mengisyaratkan groundbreaking LRT lebih awal, Pramono belum memastikan tanggal pasti dimulainya pembangunan kedua moda transportasi berbasis rel itu. Pramono hanya menyebut pihaknya akan segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Penugasan untuk pengembangan LRT dan HST. Perpres diperlukan sebagai payung hukum sebelum membangun LRT dan HST.

Dalam keterangannya, Pramono menampik rumor yang menyebut kereta cepat rute Jakarta-Bandung bakal groundbreaking pada akhir Agustus 2015. Selain Perpres belum turun, proposal proyek kereta cepat yang diajukan oleh Jepang dan China juga harus lulus penilaian juri internasional. Juri ini ditunjuk oleh Pemerintah Indonesia. (jk)

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Wasekjen PBNU: Gubernur DKI Itu Jangan Urusi yang Salat-Salat Gitu Lah

Reaksi Kamu