Gubernur Tokyo, Yoichi Masuzoe Ajukan Pengunduran Diri

Gubernur Tokyo, Yoichi Masuzoe Ajukan Pengunduran Diri

Rabu, 15 Jun 2016 | 10:17 | Muchdi

WinNetNews.com - Gubernur Tokyo, Yoichi Masuzoe, berencana untuk mengajukan pengunduran dirinya pada Rabu pagi waktu setempat.

Kantor berita NHK melaporkan, keputusan ini dilakukan setelah mencuatnya dugaan penggunaan uang pajak dengan tidak semestinya, antara lain untuk liburan keluarga.

Dilansir dari Reuters, Rabu 15 Juni 2016, Masuzoe yang kini berusia 67 tahun memenangkan pemilu pada 2014 dengan dukungan langsung oleh koalisi Perdana Menteri Shinzo Abe.

Tekanan untuk melakukan pengunduran diri semakin kuat oleh warga yang memilihnya, ketika dia terus menolak untuk menjelaskan untuk apa saja uang pajak tersebut. Salah satunya diduga untuk membeli buku- buku komik anaknya.

"Sudah sewajarnya bahwa ia berhenti," kata Tomoko Oyama, seorang anggota majelis dari Partai Komunis yang merupakan salah satu lawan yang paling vokal Masuzoe.

Mazuzoe menjadi gubernur kedua yang berhenti sejak Tokyo memenangkan hal untuk menyelenggarakan Olipiade Musim Panas 2020. Gubernur sebelumnya, Naoki Inose mengundurkan diri karena skandal pendanaan, hanya beberapa bulan setelah ibukota itu terpilih menjadi tuan rumah perhelatan olahraga tersebut.

Sumber: VIVA

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...