Gugus Tugas Sebut CFD Jakarta Belum Maksimal Terapkan Protokol Kesehatan
Foto: ANTARA

Gugus Tugas Sebut CFD Jakarta Belum Maksimal Terapkan Protokol Kesehatan

Senin, 22 Jun 2020 | 11:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day (CFD) sudah kembali digelar di Jakarta. Terkait itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menilai masih banyak warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

"Hari ini kami melakukan pemantuan di beberapa tempat seperti area car free day di Jakarta, masih kita lihat beberapa masyarakat lupa bahwa jaga jarak itu penting," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Minggu (21/6).

Ia mengigantkan pentingnya disipling menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

"Ini kami mohon jadi evaluasi kita bersama, menjaga jarak adalah sesuatu yang mutlak kita laksanakan," kata Yurianto.

Selain itu, Yuri menambahkan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga melakukan pemantauan di beberapa bandara yang memiliki jadwal penerbangan hari ini ke Pulau Jawa, seperti di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Hasilnya, Yuri juga melihat banyak warga yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kita masih melihat banyak masyarakat belum tertib menjaga jarak fisik. Meski sebagian besar sudah menggunakan masker, tapi jaga jarak fisik tetap perlu," ucap Yurianto.

Ia menegaskan, protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir harus dilakukan seluruhnya secara berkesinambungan dan terus menerus.

"Tidak mungkin secara sepotong-sepotong melakukan pengendalian penyakit. Dibutuhkan kerja bersama, terus menerus, dan tidak terhenti," terang dia.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...