Guna Turunkan Harga Gas Industri, Pemerintah Akan...

Guna Turunkan Harga Gas Industri, Pemerintah Akan...

Selasa, 4 Okt 2016 | 19:46 | Rike

WinNetNews.com- Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian tegaskan keperluan perbaikan regulasi demi upaya penurunan harga gas industri dalam negeri.

Setelah mengikuti Rapat Terbatas berkaitan dengan Kebijakan Penetapan Harga Gas yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (4/10) Airlangga mengatakan, “Terutama di sektor hilir dan juga asumsi daripada mekanisme teknis seperti depresiasi.”

Perbaikan regulasi ini, tambah Airlangga, bakal segera dilakukan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang Kemaritiman, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Keuangan yang bakal mengkaji lebih rinci dari multiplier effect hingga potensi penerimaan negara.

Airlangga juga optimistis, perbaikan regulasi bisa dirampungkan sebelum akhir November 2016. “Dengan demikian, target harga gas industri yang kompetitif sebagai pendorong ekonomi ini bisa dicapai sesuai yang diinginkan Bapak Presiden, yakni di bawah USD 6 per million metric british thermal unit (MMBTU),” tambahnya.

Airlangga menyebut, pihaknya sudah mengidentifikasi 10 sektor industri dan ditambah industri yang berlokasi di kawasan industri yang perlu menerima harga gas di bawah USD 6 per MMBTU. "Jadi berlaku efektif yang ditargetkan 1 Januari 2017, harga diharapkan bisa di dapat," jelasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...