Gunakan 5 Cara ini Agar Bau Mulut Saat Puasa Tak Mengganggu

Gunakan 5 Cara ini Agar Bau Mulut Saat Puasa Tak Mengganggu

Winnetnews.com – Sebentar lagi umat Muslim bakal menjalani ibadah puasa. Biasanya ketika kita berpuasa maka salah satu yang paling mengganggu dalam interaksi adalah bau mulut yang tak sedap. Tapi semua itu nggak perlu jadi beban pikiran kok, soalnya ada beberapa cara agar bau mulut tidak mengganggu.

Nah, tips ini bisa kamu terapkan lho untuk mencegah bau mulut selama puasa. Jika kamu lakukan secara rutin, pasti deh bakal terhindar dari masalah bau mulut.

1. Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C

image0

Sebaiknya tambahkan buah di dalam menu sahur dan berbuka puasa. Pilih buah yang mengandung vitamin C dan banyak mineral seperti apel, kiwi, stroberi, dan tomat yang bisa membantu meningkatkan produksi air liur. Jangan makan buah-buahan yang berlemak tinggi dan berbau kurang sedap seperti nangka dan durian.

2. Cukupi kebutuhan air putih saat sahur dan berbuka puasa

image1

Ini juga langkah penting agar nggak bau mulut nggak ganggu saat puasa. Minum minimal delapan gelas air putih dalam sehari. Kamu bisa minum air putih sebanyak dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas di malam hari. Lakukan ini secara teratur setiap hari dan kamu akan puas pada hasilnya.

3. Rajin membersihkan mulut

image2

Tetaplah menggosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari, yakni pada malam hari sebelum tidur dan setelah sahur. Usahakan untuk nggak kembali tidur setelah sahur agar mulut kamu nggak kering.

Sebagai tambahan ekstra, kumur-kumur dengan menggunakan mouthwash pada siang atau sore hari bakal membuat nafas kamu jadi sehat.

4. Minum yogurt saat sahur

image3

Yogurt mengandung bakteri-bakteri baik yang terbukti ampuh bisa mengatasi bau mulut seperti Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Yogurt paling baik dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong, jadi sebaiknya kamu minum yogurt terlebih dahulu sebelum kamu makan. Yogurt juga kaya akan kalsium, fosfor, vitamin B2, protein, vitamin B5, zink serta potasium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

5. Minum segelas teh hijau di malam hari dan saat sahur

image4

Teh hijau memiliki kandungan polifenol, yakni senyawa antioksidan yang dapat mengatasi bau nafas yang tak sedap. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga dapat memerangi kanker dan melindungi jantung dari kerusakan.