Gunakan Tax Amnesty dalam Proyek Investasi Kilang Minyak untuk Capai Swasembada Energi

Gunakan Tax Amnesty dalam Proyek Investasi Kilang Minyak untuk Capai Swasembada Energi

Jumat, 22 Jul 2016 | 05:55 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Komisi VII DPR RI tengah menyiapkan list atau daftar infrastruktur energi yang bisa dimasuki oleh para pemegang dana yang menerima pengampunan pajak alias tax amnesty. Penggunaan dana tax amnesty dalam proyek infrastruktur energi bertujuan untuk mencapai swasembada energi.

Anggota Komisi VII DPR Kurtubi menuturkan, salah satu yang ada dalam list infrastruktur energi adalah kilang minyak. Sampai saat ini produksi minyak dalam negeri masih bergantung pada impor. Dengan memperbanyak kilang di dalam negeri, maka impor minyak sudah tidak lagi diperlukan.

"Proyek investasi kilang ini tidak akan rugi, karena pasar BBM dalam negeri sudha besar. Dari pada impor mending produksi dalam negeri. Saya jamin investasi kilang dalam negeri pasti untung gak mungkin rugi. Sekalipun keuntungannya tidak setinggi lapangan minyak sektor hulu ketika harga minyak sedang mahal," ujar Kurtubi.

Kurtubi menambahkan, skema pembangunan kilang saat ini diarahkan berdekatan langsung dengan konsumen. Misalnya, untuk wilayah Bali, NTB, dan NTT, diharapkan ada satu kilang untuk penyedia semuanya di Pulau Lombok.

Jadi, lanjut Kurtubi, tidak ada lagi pemenuhan BBM di wilayah Bali, NTB dan NTT dari kilang di Kalimantan Timur. Biaya operasional angkut BBM saja sudah mahal, untuk itu kilang di bangun harus berdekatan dengan konsumen.

"Jika skema itu sudah berjalan, kebutuhan kita sebagai bangsa dan negara dalam swasembada BBM atau kemandirian energi sudah bisa tercukupi. Karena itu kita harus memperbanyak kapasitas kilang. Nah ini perlu diinformasikan kepada pemilik dana yang menikmati tax amnesty, bahwa bidang kilang minyak terbuka buar mereka," tuturnya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...