Gunung Gamalama Meletus

Rusmanto
Rabu, 03 Agustus 2016 08:19 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 03 Agustus 2016 08:19 WIB
Image Gunung Gamalama Meletus

WinNetNews.com - Gunung Gamalama pagi ini mengeluarkan abu vulkanik erupsi. Pos pengamatan gunung api Gamalama melaporkan bahwa gunung tersebut meletus eksplosif lemah berupa abu vulkanik dengan tinggi 500-600 meter.

Abu vulkanik tersebut mengarah ke tenggara hingga selatan pada pukul 06.28 WIT. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho letusan gunung diduga dipicu oleh gempa pada pukul 06.14 WIT.

"Di mana terekam gempa tektonik 4,6 SR. Menurut BMKG pusat gempa dari 86 km barat daya Halmahera Barat, kedalaman 18 Km. Diikuti dengan tremor menerus dengan amplituda maksimum 1,5 mm," kata Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (3/8/2016).

"Hembusan abu mulai menurun pada pukul 06.55 WIT," ucap Sutopo.

Berdasarkan pengecekan di lapangan oleh petugas BPBD dan PVMBG menunjukkan material abu ditemukan tipis di daerah Ake Huda. Sebelah selatan dan tenggara lereng Gunung Gamalama.

Sutopo menegaskan hingga kini masyarakat tidak perlu mengungsi. Ia juga mengimbau agar masyarakat di sekitar tetap tenang dan tidak termakan isu-isu yang sumbernya bukan dari PVMBG.

Hingga saat ini tingkat aktivitas Gunung Gamalama masih waspada (level III). Dengan rekomendasi tidak boleh ada aktivitas penduduk dalam radius 1,5 km.

Winners… Hobi Memancing, Ini Loh Manfaatnya Untuk Kesehatan
Dalam Waktu Dekat, Huawei Akan Kenalkan Kamera Phone Terbarunya

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.