Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanik

Fellyanda Suci Agiesta
Rabu, 03 Agustus 2016 09:41 WIB
Oleh Fellyanda Suci Agiesta pada Rabu, 03 Agustus 2016 09:41 WIB
Image Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanik

WinNetNews.com - Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, mengeluarkan abu vulkanik setinggi 500-600 meter dari kawah pada Rabu pukul 06.28 WIT

Petugas Wilayah Timur Pengamatan Gunung Api, Martanto, mengatakan semburan abu vulkanik Gunung Gamalama yang berwarna putih hingga kelabu condong ke arah timur tenggara dan selatan Kota Ternate.

Aktivitas gunung berapi itu juga ditandai dengan peningkatan kegempaan, dengan adanya gempa hembusan dan gempa tremor beramplitudo 0,5-1,5 mm.

Menurut Martanto, status gunung yang tingginya 1.700 meter dari permukaan laut tersebut masih waspada level II.

"Petugas pengamatan terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas vulkanik gunung itu," ujarnya, seperti dilansir dari Antara.

Dia menyatakan bahwa sesuai ketentuan sudah disampaikan larangan bagi warga untuk melakukan kegiatan di radius 1,5 kilometer dari puncak gunung.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan jangan mudah percaya dengan berbagai informasi mengenai perkembangan Gunung Gamalama kecuali informasi yang resmi dikeluarkan oleh pihak Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama dan pemerintah kota," katanya.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemerintah Kota Ternate Sutopo Abdullah ketika dihubungi secara terpisah meminta masyarakat tidak panik namun tetap waspada.

"Kami telah membagikan masker ke masyarakat, terutama yang terkena dampak abu vulkanik, terutama di kawasan utara Kota Ternate," ujarnya.

 

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Prabowo Dijadwalkan Akan Temui SBY 18 Juli 2018

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.