Gunung  Kilauea Muntahkan Lava, Status Hawaii Bahaya
Sumber:CNN

Gunung  Kilauea Muntahkan Lava, Status Hawaii Bahaya

Kamis, 17 Mei 2018 | 10:21 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com- Kondisi gunung Kilauea  di Hawaii semakin berbahaya. Dikutip dari CNN, Hawaii memeringatkan warga dan pesawat untuk menjauh setelah segumpal abu dari gunung berapi Kilauea naik hingga 12.000 kaki (3,6km) ke udara.

Semenjak  gunung berapi Kilauea meletus 3 Mei, situasi di sekitarnya menjadi mimpi buruk bagi penduduk di bagian tenggara negara bagian Amerika Serikat tersebut.

Badan survei geologi Amerika Serikat mengeluarkan peringatan 'merah' atau 'bahaya' pada Selasa 15/5/2018, yang berarti letusan besar bisa saja terjadi, atau sedang berlangsung dan abu dapat mempengaruhi lalu lintas udara. 

Petugas USGS lainnya mengatakan letusan freatik bisa terjadi di kawah di puncak gunung berapi Kilauea. Letusan ini bisa mengirim gumpalan abu sejauh 12 mil (19km) dari kawah puncak, ungkap Hawaiian Volcano Observatory, atau badan Observatorium Gunung Api Hawaii. 

Pemerintah memeringatkan warga untuk meninggalkan daerah itu dan mendapatkan perawatan medis jika mereka terkena gas. Departemen Kesehatan Negara Bagian Hawaii meminta masyarakat umum untuk menghindari area dengan celah karena gas yang dipancarkan memerlukan respirator penyaring khusus.

Semburan lava telah menelan sejumlah rumah dan kendaraan. Sejauh ini, setidaknya 37 bangunan sudah hancur, dan jumlahnya bisa terus bertambah.

Selain lava dan gas beracun, sekarang ada kekhawatiran tentang letusan freatik. Janet Babb, seorang ahli geologi dari observatorium gunung berapi Hawaii, mengatakan letusan freatik "sangat sulit diprediksi, dan dapat terjadi dengan sedikit atau tanpa peringatan." Janet. 


 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...