Skip to main content

Gunung Sinabung Erupsi 3 Kali

Gunung Sinabung Erupsi 3 Kali
Gunung Sinabung Erupsi 3 Kali

Jakarta, wingamers (15/9) - Bencana alam tak henti-hentinya melanda pulau Sumatera selama beberapa bulan terakhir ini. Kebakaran hutan dan kabut asap yang hampir merata melanda pulau sumatera, banjir bandang yang melanda Aceh hari minggu (13/9) kemarin. Kini gunung Sinabung kembali mengeluarkan erupsi. Erupsi yang terjadi selasa (15/9) pagi ini merupakan erupsi terbesar yang pernah terjadi dalam kurun waktu satu minggu terakhir. Meskipun demikian, efek erupsi gunung merapi tidak terlalu mengkhawatirkan.

Hari ini (16/9) tercatat sebanyak tiga kali gunung yang terletak di Tanah Karo Sumatera Utara tersebut mengalami erupsi. Erupsi pertama terjadi pada pukul 05.25 WIB. Pada saat itu terjadi awan panas guguran sejauh 3 km ke arah timur-tenggara. kemudian erupsi kedua terjadi pada pukul 05.36 WIB, kondisi ketika erupsi kedua terjadi hampir sama dengan kondisi saat erupsi pertama terjadi. Setelah itu, erupsi ketiga pada pukul 08.20 WIB terjadi awan panas guguran sejauh 4 km ke arah timur dan tenggara.

Saat ini gunung sinabung berada pada status awas (level IV) tremor menerus. Hal ini mangakibatkan Gunung Sinabung masih berpotensi mengalami erupsi susulan dan aktivitas gunung api yang cukup tinggi.

Status AWAS (level IV), tremor menerus, aktivitas tinggi dan potensi erupsi susulan masih tinggi. Area yang berada di kawasan radius 7 km di sisi selatan hingga tenggara dan radius 6 km di timur telah dikosongkan.

Sebanyak 2.572 jiwa (9.313 KK) pengungsi berasal dari 9 desa dan tersebar di 9 pos pengungsian yang direkomendasikan oleh PVMBG. Meskipun sedang dilanda bencana erupsi Gunung Sinabung, warga setempat tetap bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik, kebutuhan sandang dan pangan tercukupi serta anak-anak masih tetap bersekolah.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top