Guys! Bakal Ada Baterai Smartphone yang Kalau Diisi Cuma 5 Menit!
Foto: Pexels

Guys! Bakal Ada Baterai Smartphone yang Kalau Diisi Cuma 5 Menit!

Minggu, 14 Mei 2017 | 13:22 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Baterai smartphone yang bisa diisi dalam lima menit bisa tersedia tahun depan. Jadi kamu gak usah menunggu berjam-jam hingga baterai ponselmu penuh.

FlashBattery dirancang untuk mengisi dari kosong ke kapasitas penuh sekitar waktu yang dibutuhkan untuk merebus ketel, atau sekitar seratus kali lebih cepat daripada rata-rata smartphone.

Perusahaan baterai milik Israel di belakangnya, pertama kali meluncurkan teknologinya pada tahun 2014, sebelum menampilkan versi yang lebih ramping di pameran teknologi Consumer Electronics Show di Las Vegas delapan bulan kemudian di awal tahun 2015.

Doron Myersdorf, CEO StoreDot, mengatakan kepada BBC News bahwa produksi massal akan dimulai pada awal 2018.

Baterai memiliki kehidupan yang lebih pendek daripada yang ada saat ini di smartphone, namun perusahaan tersebut yakin dengan kecepatan jumpernya, berarti ini tidak menjadi masalah.

Myersdorf sebelumnya telah menjelaskan bahwa reaksi yang berbeda terjadi pada baterai, yang mengandung molekul organik yang disintesis secara khusus.

Namun, Ben Wood, seorang analis teknologi di CSS Insight mengatakan kepada BBC News bahwa dia meragukan StoreDot, yang dapat memenuhi target tersebut, karena perlu untuk mengatasi masalah, misalnya, seberapa panas baterai itu terjadi. Dia menambahkan bahwa setiap perusahaan yang bisa melakukan terobosan akan mengubah industri teknologi konsumen.

Untuk saat ini, konsumen yang terganggu oleh ponsel yang cepat kehabisan tenaga pasti harus melakukan dengan menjaga awet baterai smartphone mereka.

Ini bisa dilakukan, menurut Popular Mechanics, dengan menjaga perangkat yang ringan, baterai lithium-ion yang digunakan pada kebanyakan smartphone dibebankan sekitar 50 persen.

Itu karena muatan maksimum baterai lithium-ion turun ke berapa banyak ion lithium yang ditahan di dua elektrodanya. Semakin banyak jenis baterai ini terisi, semakin banyak komponennya yang akan terdegradasi dan kehilangan kemampuan menahan ion.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...