Guys! Tau Apa Fungsi QR Code yang Kamu Tau? Kalau Belom, Simak Nih 5 Fungsinya

Guys! Tau Apa Fungsi QR Code yang Kamu Tau? Kalau Belom, Simak Nih 5 Fungsinya

Jumat, 7 Apr 2017 | 22:41 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Kamupasti pernah mengenal namanya QR Code, atau setidaknya mengetahuinya lewat BBM saat ‘pemindaian kode batang’. Merupakan teknologi matrik barcode, Quick Response Code ini mampu berkembang pesat karena memiliki ketepatan pembacaan yang cepat. Selain itu, kapasitas penyimpanan lebih besar membuat barcode UPC standar kian ditinggalkan.

Penggunaan QR Code ini tak terlepas dari perkembangan smartphone yang meningkat. Apalagi sangat berguna untuk industri, pendidikan dan perdagangan. Bahkan mungkin kita melewatkan fungsi-fungsi tersembunyi dari QR Code dalam kehidupan sehari-hari.

Apa saja itu? Simak 5 fungsi tersembunyi dari QR Code yang mungkin belum kamuketahui!

  • Terhubung Jaringan Wifi

Kamu bisa menghubungkan jaringan wifi dengan QR Code ini. Kamubisa membagikan koneksi wifi dengan teman, sahabat, pacar atau pun keluarga. Namun, perlu hati-hati juga. Sebab para hacker bisa saja meng-hack dan mengambil data berupa password wifi dan merubah password-nya.

  • Untuk presentasi

Sebagai narasumber baik yang mempresentasikan dari materi yang dibuat, kamubisa membubuhkan QR Code pada tampilan slide presentasi. Bagi guru atau dosen, hal ini sangat efisien. Sebab pelajar maupun mahasiswa dapat men-scan dan mendownload materi yang disajikan.

  • Shortcut untuk mengunduh aplikasi

Untuk hal ini sangat cocok untuk para developer. Lebih praktis dalam mempromosikan suatu aplikasi yang dibuat dan menjadi salah satu strategi pemasaran. Intinya, QR Code itu terhubung dengan link download sebuah aplikasi. Jadi, tinggal scan dan taraaa … Kamusudah menuju ke halaman download.

Silakan membuat kartu nama dengan disertai QR Code. Dengan ini, kamubisa menyimpan data pribadi berupa nama lengkap, nama media sosial, alamat atau jabatan di kantor. Sehingga klien kamubisa lebih mengenal lebih dalam tentangmu dengan cara memindainya.

  • Media promosi

Pernah lihat bungkus makanan dan mempunyai QR Code di belakang bungkusnya. Yup, sebagai media promosi, QR Code ini cukup bagus. Selain produk, teknologi matrik barcode ini bisa digunakan sebagai media promosi apa pun karena cakupannya luas. Bisa ditempel pada kaus karyawan atau sebagai media promosi dalam pariwisata sebuah negara atau apa pun.

Nah, itu tadi adalah fitur tersembunyi dari QR Code. Dari kelima tersebut yang manakah yang sudah kamuketahui?

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...