Guys, Udah Tau Bitcoin? Mata Uang di Dunia Digital, Kalau Belom Tau, Simak Nih Guys

Guys, Udah Tau Bitcoin? Mata Uang di Dunia Digital, Kalau Belom Tau, Simak Nih Guys

Senin, 15 Mei 2017 | 18:45 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital.

Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa mata uang yang stabil dan tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. Kestabilan ekonomi yang tidak menentu di dunia nyata merupakan hal yang menarik bagi banyak orang terutama para geek di dunia IT. Mereka mulai menginvestasikan aset mereka dalam bentuk bitcoin.

Sistem tukar-menukar dengan bitcoin juga memiliki beberapa kemudahan, yaitu dapat transfer instant secara peer to peer, bisa transfer ke mana saja, biaya transfer sangat kecil, bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.

Bitcoin dipercaya akan menjadi mata uang dan komoditas universal sehingga harga akan terus melambung tinggi. Pada tahun 2013 diketahui 1 BTC sama dengan USD 13, dan pada Januari 2017 lalu, nilai tukar bitcoin ke dolar Amerika Serikat mencapai USD 1022 atau sekitar 13,7 juta rupiah. Saat ini (14/5/2017) nilai tukar bitcoin ke dolar AS mencapai USD 1785.

Bitcoin baru diciptakan dengan proses yang disebut “mining”. Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks untuk menemukan block baru Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin. Hadiah per ditemukannya 1 block awalnya ada 50 BTC, sekarang 25 BTC/block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...