Habib Rizieq Dinilai Tidak Punya Power untuk Kendalikan Umat Islam di Tanah Air
Habib Rizieq

Habib Rizieq Dinilai Tidak Punya Power untuk Kendalikan Umat Islam di Tanah Air

Rabu, 10 Jul 2019 | 10:05 | Daniel

Winnetnews.com - Usulan pemulangan Habib Rizieq Shihab sebagai syarat rekonsiliasi antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo mendapatkan banyak tanggapan. Salah satunya yakni dari pengamat politik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Marianus Kleden.

Menurut Marinus, Habib Rizieq tidak lah memiliki power yang besar yang bisa mengendalikkan umat Islam di Indonesia. Bukan tanpa alasan, menurut Marinus sebagian besar umat Islam di tanah air merupakan bagian dari NU dan Muhammadiyah yang notabene memiliki hubungan baik dengan Jokowi.

“Saya tidak yakin Rizieq punya power besar untuk mengendalikan umat Islam Indonesia, karena mayoritas Islam dipegang oleh NU dan Muhammadiyah. Jadi apa pentingnya? Saya kira cuekin dia saja,” jelas Marianus seperti dikutip dari Tempo.

Soal pemulangan Habib Rizieq sebagai salah satu syarat rekonsiliasi, Marinus menilai hal tersebut sebagai sesuatu yang berlebihan. Menurutnya saat ini kepentingan persatuan bangsa lebih penting ketimbang satu individu.

“Syarat ini menurut saya, kubu paslon 02 sangat lebay menggadaikan kepentingan bangsa pada kepentingan individu seorang habib,” tambahnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...