Habib Rizieq ke Kuasa Hukum: Tempuh Segala Jalur Legal untuk Dapatkan Keadilan
Habib Rizieq ditangkap karena kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Habib Rizieq ke Kuasa Hukum: Tempuh Segala Jalur Legal untuk Dapatkan Keadilan

Senin, 22 Feb 2021 | 15:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com - Habib Rizieq Shihab menjalani sidang perdana praperadilan pada Senin (22/2) terkait penangkapan serta penahanan terhadap Rizieq dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan. Sidang tersebut digelar di  Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

Dalam kesempatan itu, anggota tim kuasa hukum Habib Rizieq, Muhammad Kamil Pasha mengungkapkan, Habib Rizieq menyampaikan pesan untuk menempuh jalur hukum guna mendapatkan keadilan. Salah satunya lewat permohonan gugatan praperadilan.

"Pesan HRS, tempuh segala jalur legal konstitusional untuk mendapatkan keadilan, termasuk lewat permohonan praperadilan ini," ujarnya.

Ia mengaku tak ada persiapan khusus dalam menjalani sidang perdana kali.

"Tidak ada persiapan khusus.Tentunya paling penting berdoa, memohon kemudahan dan kekuatan kepada Allah," katanya.

Sebelumnya, gugatan praperadilan Habib Rizieq sudah sempat ditolak oleh hakim tunggal Akhmad Sahyuti di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (12/1) lalu. Gugatan tersebut terkait dengan penetapan status tersangka terhadap Rizieq.

Sejumlah alasan ditolaknya gugatan tersebut karena penyidikan yang dilakukan polisi telah sah dan sesuai aturan yang berlaku.

Sahyuti juga mengatakan penyidik terlah memperoleh bukti-bukti dan menerima keterangan dari sejumlah ahli hingga kemudian dinyatakan acara yang diselenggarakan Habib Rizieq di Petamburan adalah melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Habib Rizieq yang mangkir sebanyak dua kali dalam memenuhi panggilan pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya juga  menjadi salah satu pertimbangan ditolaknya gugatan tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...