Habib Rizieq Ngaku Dicekal dan Tak Bisa Pulang, Fadli Zon Beri Komentar ini

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Habib Rizieq Ngaku Dicekal dan Tak Bisa Pulang, Fadli Zon Beri Komentar ini Habib Rizieq dan Fadli Zon (foto: Metro Tempo)

Winnetnews.com - Berita dicekalnya Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab, memang tengah menggemparkan banyak media pemberitaan saat ini. Menurut penuturannya, Rizieq mengatakan bahwa ia telah menerima surat pencekalan dari pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi. Hal ini membuat Rizieq tidak bisa pulang ke Indonesia.

Menanggapi fenomena pencekalan Habib Rizieq, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan bahwa pemerintah seharusnya tidak merasa kesulitan untuk memulangkan Rizieq. Ia menilai Rizieq sebagai warga negara Indonesia yang harus dijamin dan dilindungi hak-haknya.

“Menurut saya dalam hal ini kalau pemerintah memang punya niat baik dan ini amanat dari konstitusi untuk melindungi segenap warga negara Indonesia, termasuk Habib Rizieq agar bisa difasilitasi untuk pulang,” kata Fadli, dikutip dari Okezone, Rabu (14/11).

Fadli menganggap bahwa jika pemerintah memang memiliki niat baik, harusnya perkara mudah untuk memulangkan Rizieq.

“Kalau pemerintah mau, mudah sekali. Satu hari saja bisa kelar,” ujarnya.

Tidak sampai di situ. Fadli menduga ada tangan-tangan tak terlihat yang mencoba membuat Rizieq tetap berada di Arab Saudi. Ketika ditanya mengenai siapa yang dimaksud Fadli, ia cenderung menghindar dengan tidak memberikan jawaban.

“Karena kalau ada tangan-tanagan tidak terlihat yang ketika itu memang ingin agar beliau kembali ke Indonesia,” kata Fadli kemudian.

Sebelumnya, Rizieq menunjukkan surat pencekalan dari pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi yang memaksanya untuk tidak bisa pulang ke Indonesia. Pengakuan tersebut dilontarkan Rizieq dalam akun YouTube FrontTV.

Namun Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Indonesia mengatakan bahwa pihaknya belum menerima surat pencekalan dari manapun terkait pencekalan yang mengatasnamakan Habib Rizieq Shihab.

Apa Reaksi Kamu?